Kultum Subuh 8- Masjid Salman ITB


8 Ramadhan 1432 H atau bertepatan dengan Senin 8 Agustus 2011. Hari pertama perkuliahan semester 7 di ITB. Semester baru, semangat baru. Tak terasa sudah jadi mahasiswa versi 4.0 (tingkat empat). Final year.. Harus bisa jadi produktif dan lebih produktif lagi,, dan pagi nan cukup hangat ini dimulai dengan sujud di Masjid Salman.

**

Kultum Subuh kali ini membahas mengenai doa yang merupakan salah satu cara komunikasi kita kepada Sang Pencipta, ALLAH SWT. Manusia, sebagaimana kita tahu, punya kelebihan dan batasan masing-masing. Karena itu semestinyalah tempat bergantung kita hanya Allah, bukan malah bergantung pada manusia yang jelas-jelas punya banyak batasan.

Caranya, ya komunikasi itu tadi : doa. Dibarengi dengan ikhtiar, insya Allah dimudahkan dalam berbagai hal di kehidupan ini. Manusia berikhtiar tanpa doa, itu sombong. Manusia berdoa tanpa ikhtiar, itu bohong.

Ada syarat agar doa kita makbul (dikabulkan oleh Allah SWT), yakni dengan sikap yang tepat dan waktu yang tepat. Dalam kultum ini, khotib memaparkan waktu-waktu doa makbul yakni: saat adzan, antara adzan dan iqomah, saat sujud, sesaat setelah sholat fardhu, sepertiga malam terakhir, saat khotib duduk di antara 2 khutbah Jum’at, saat buka puasa.

Waktu yang mustajab itu akan lebih berlipat kesempatannya saat bulan suci Ramadhan ini. Karena itu, bismillah, mari lebih banyak mendekatkan diri dengan Allah melalui doa. Memberi harapan dan melengkapi ikhtiar sungguh-sungguh yang kita lakukan dengan nama Allah, untuk mengharap ridho Allah.

Bismillahirrahmanirrahiim…

 

About these ads

1 Comment

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s