Menikmati Tiket Promo Kereta Api Eksekutif


Tepat seminggu yang lalu, saya baru saja merasakan kembali naek kereta api gerbong eksekutif. Tak tanggung-tanggung, Bandung-Solo PP!! Hoho..

Apakah ekonomi saya mulai membaik? Atau hanya lagi pengen aja? Hmm.. sebelumnya emang saya selalu kepikiran naek kereta api bisnis sih, bukan eksekutif. Lebih oke secara prinsip ekonomi, harga lebih terjangkau dengan efisiensi waktu yang sama. Tapi kali ini pikiran saya berubah. Kenapa?

Tak lain tak bukan karena ada tiket promo di eksekutif! Yuhuy.. Ketahuilah, harga tiket promo eksekutif bahkan kurang dari 50% harga tiket bisnis! Percaya ga tuh? Harus percaya.. Manajemen PT.Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 1 Maret 2012 memberlakukan kebijakan tiap 1 gerbong eksekutif ada 1 tiket promo. Langkah yang menurut saya cukup brilian, karena daripada kosong (terutama weekdays) kan mending terjual (walau dengan harga miring). Nah, untuk mengimbangi kebrilianan PT KAI (halah), saya pun membantu dengan melariskan tiket promo itu.. Hehe,,,

Karena tujuan perjalanan saya adalah Bandung-Solo PP, maka kereta api yang menjadi pilihan adalah KA Lodaya. KA Lodaya ini terdiri dari 2 gerbong eksekutif dan 4 gerbong bisnis. So, dilihat dari jumlah gerbong eksekutif, tersedia 2 tiket promo. Peluang untuk dapet cukup kecil. Terlebih saat kita overexcited pada sesuatu berbau “promo”, ada kondisi overworried kalau-kalau setelah kata promo ada tanda * kecil (syarat dan ketentuan berlaku….fffuuu…). Tapi coba hunting dulu lah ya..

Saya pun ke stasiun Hall Bandung untuk hunting tiket promo eksekutif, dan…. tarra

Alhamdulillah dapet 2 tiket promo eksekutif! Beneran lah, tiket eksekutif yang biasanya berkisar di angka 185-200ribu, sekarang jadi 50ribu! Bahkan kurang dari 50% harga tiket bisnis (sekitar 120-130ribu). Jadi deh bisa PP dengan gerbong exe,, total biaya PP lebih murah dari 1 perjalanan tiket bisnis lagi.. hehe..

Gimana cara dapetnya?

Simple koq. Waktu pesan kan kita suruh pake kertas kecil pemesanan, nah di situ tulis aja TIKET PROMO, terserah di bagian mana, yang jelas keliatan cukup besar dan terbaca. Petugas loketnya udah tanggap kok,, dan selanjutnya tinggal bagaimana keberuntungan Anda.. Hoho.. Ya, karena 1 gerbong 1 tiket promo, jadi lumayan bersaing untuk mendapatkan. Untuk weekend jelas lebih berat, tapi untuk weekdays (Senin-Kamis) peluang dapetnya relatif besar.. tentu tetap mesti pesan jauh-jauh hari. Info mengenai hari apa aja yang udah penuh (dan berapa tiket promo yang masih tersisa) bisa diperoleh di Information Centre stasiun atau di loketnya langsung. Simple.

Then, bagaimana suasana duduk di bangku eksekutif promo?

I see, ini salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan. Well, saya ceritain deh pengalaman saya 2 kali perjalanan itu. Pertama, dari Bandung ke Solo,, saya dapet nomor tempat duduk 12B. Awalnya kebayang kalo tempat duduk no.12 itu di tengah, tapi ternyata salah.. 12B itu letaknya nomor dua dari depan. Mengingat gerbong¬† 1 kereta eksekutif berada pas di belakang lokomotif,, yah siap-siap deh dengan suara berisik dari depan. Dan saat pertama kali masuk lagi ke gerbong eksekutif dan menemukan tempat duduk saya, tak butuh waktu lama untuk menemukan perbedaan kursi promo. Apakah itu? Hmm.. kasi tau ga ya…

Kursi promo saya berada kedua dari depan, dan di depan saya hanya ada 1 kursi lah.. Oke kalau 1 kursi itu berada persis di depan tempat duduk saya (so, ada tempat nyaman untuk menapakkan kaki, salah satu kelebihan eksekutif dibanding bisnis), tapi ini berada persis di depan bangku A. Huff.. Tempat duduk saya ini, udah ga ada injakan kaki yang nyaman, berada bukan di dekat jendela lagi.. (kursi A dan D di samping jendela pas, kursi B dan C di samping lorong jalan). Gapapa lah ya, masih ada hal positif karena disediakan bantal nan empuk dan selimut secara cuma-cuma. Kemantepan lainnya, ga akan ada asap rokok (iya lah, gerbong exe.. tapi sekarang bisnis pun udah bebas asap rokok kq,, alhamdulillah ya.. I really hate smoke).

Acara pertama saat kereta mulai jalan tentu doa dan dzikir. Then, lanjut dengan mengobrol ama sebelah. Obrolan yang exciting karena teman baru saya yang duduk sebelahan itu sama-sama menjalankan bisnis lewat kaskus, sama-sama orang Jawa yang sedang merantau, plus sama-sama pecinta bola. Hoho.. Beruntunglah saya karena bisa teman mengobrol sebelah saya itu orang yang baik, karena dalam perjalanan, orang yang di seberang saya ternyata maling!! Anda tidak salah baca. Karena memang dalam perjalanan itu terjadi pencurian, dan tersangkanya hampir pasti adalah orang yang di seberang saya. Licik sekali triknya. Naik kereta tanpa membawa tas, lalu turun di stasiun dini hari saat semua penumpang terlelap. Orang-orang di stasiun saat si maling turun tak kan curiga karena toh kiranya dia turun sambil membawa barang bawaan milik dia sendiri. Padahal ia mencuri satu koper utuh! Sang maling berhasil meninggalkan kereta dengan lancar, dan suasana mencekam karena isak tangis dan pengaduan sang korban (yang baru sadar kemalingan setelah bangun) terjadi di stasiun selanjutnya. Ini kereta eksekutif.. dan astaghfirullah… Ada ya orang yang “invest” beli tiket eksekutif hanya untuk mencuri… Level kejahatan di negeri ini sudah tak masuk akal lagi.. Naudzubillahi min dzalik,,

Drama di kereta tak hanya kasus pencurian saja. Kali ini saya dapat “berkah”. Entah berkah atau bukan sih.. Why? Jadi ceritanya di perjalanan eksekutif saya ini, keretanya sampai tujuan terlambat tak kurang dari 3 jam. Konon ada yang anjlok, entah kereta lain, relnya atau apalah. Yang jelas saya dapat “kesempatan ekstra” duduk 3 jam lebih lama dari apa yang saya bayarkan. Berkah bukan tuh? Hahaha¬† -___-

Setelah perjalanan pertama nan dramatis, masih ngarep dapet tiket promo?

Hmm.. sulit untuk menjawab jika hanya berdasar pada kondisi perjalanan Bandung-Solo yang saya ceritakan di atas. Tapi ternyata perjalanan yang kedua (balik Solo-Bandung) berbalik 157 derajat. Saya dapat kursi dengan nomor duduk 2A. Sama dengan yang pertama (kedua dari depan), tapi kali ini sangat nyaman karena dekat dengan jendela dan ada tempat pijakan kaki dari kursi depan. Gerbongnya di belakang pula, jauh dari lokomotif jadi ga berisik. Untuk menggenapinya, perjalanan kali ini sangat lancar (tepat waktu) dan tiada maling. Yeah, perfect! So, dalam kondisi normal, tiket promo eksekutif masih worthed lah untuk diperjuangkan. Lumayan bisa mudik dengan murah dan nyaman…

Teman-teman tertarik jugakah untuk hunting tiket promo eksekutif? Atau malah sudah pernah dapet? Atau pilih bayar harga normal aja? Hoho.. monggo pada pilihan masing-masing. Yang penting, semoga perjalanan lancar dan bisa dinikmati… ;-)

72 Comments

  1. saya pernah baca pengalaman seseorang, dia bisa dpt tiket promo melalui indomrt(online), tapi jauh2 hari sebelumya, soalnya kalo tiket promo untung-untungan, kalo pas lagi untung bisa dpt,
    Saya sendiri, yg juga melayani reservasi tiket KA online, kalau pas lagi ngecek jadwal yg jauh2 hari kadang juga nemuin 2 atau 1 kursi promo yg masih tersedia….

  2. waaaa patut di coba tuh ><
    oya mas, kan itu promo Eksekutif berarti awalnya kita milih Eksekutif dulu kan? nah kalo misal udah habis tiket promonya bisa batalin dan pesen ulang yang ekonomi/bisnis ga? *keliatan banget ngiritnya heu

  3. saya amat sangat penasaran dengan promo ini,, tetapi stelah sy cari tau ternyata dalam 1rangkaian kereta api promonya hanya 3 seat #oalah pelitnyare Pt Kai ,, masih mending tix promo yg keluarkan oleh perusahaan penerbangan yg bisa mengeluarkan tiket promo 20-30seat :)

  4. Kang Mase.. heh he he..
    cah solo soale.
    kalo saya mau dua tiket biar bisa duduk berjajar sama anak ato suami githu bisa ga hya mase mendapatkan tiket promo itu..?
    ato pesennya satu promo sau biasa gitu..? fake 2 kertas kecil pemesanan. ato gimana hya..?
    nuwun.. meh ke Jogja ki…:d

  5. untuk gampangnya, biar ga susah2 ke tasiyun, langsung aja cek ketersediaan tiket di website http://www.tiketkai.com dan http://www.kereta-api.co.id

    bisa langsung booking lewat web tersebut.
    untuk kode kereta, A untuk eksekutif, B untuk bisnis, C untuk ekonomi, dan X untuk promo. sering2 hunting aja klo mo dapat promoan hehe…lumayan tuh :D

    oh ya gan, mo benerin istilah ya.
    kalo untuk ngangkut penumpang manusia itu namanya kereta, kalo gerbong untuk angkutan barang dan hewan…hehe :D

  6. lumayan uangnya bsa buat makan-makan.
    saya sudah dapat lagi tiket promo ciremai ekspres eksekutif rute Bandung-Cirebon dg harga Rp. 58.000,- untuk perjalanan pada bulan pebruari.
    walaupun promo kali ini tak seperti promo sebelumya yg harganya bsa sampai Rp. 30.000,- atau bahkan hanya Rp. 10.000,- tpi kali ini kita bsa beli untuk banyak orang.
    gmana tertarik ?

Tinggalkan Balasan

