Bakar-bakar Ubi Manis/ Madu Cilembu


Ubi Madu Cilembu. Teman-teman tentu tak asing dengan jenis ubi yang satu ini. Ubi Madu Cilembu yang aslinya dari Sumedang Jawa Barat sudah banyak dijual di berbagai daerah sebagai salah satu jenis ubi yang paling istimewa. Bagaimana tidak istimewa, ubi ini setelah diolah akan mengeluarkan cairan lengket gula madu yang manisnya nagih banget. Sebegitu spesial rasa manis madunya, Ubi Madu Cilembu ini udah jadi komoditi ekspor sampai ke Singapura, Malaysia, Korea dan Jepang lho..

Nah, sebelumnya (seperti kebanyakan teman-teman) saya pernah makan ubi madu Cilembu yang “tinggal makan” aja (sudah diolah). Pokoknya mengikuti alur: terhidang, santap, enak, end aja. Hehe.. Tapi kali ini saya dan 2 keluarga kos Pancasila 9 (sahabat saya Arif dan kang Nova) ‘terpaksa’ tak bisa mengikuti alur enak tadi karena hari ini kami punyanya Ubi Madu Cilembu mentah. Harus diolah (dimasak/ dibakar/ dioven) sendiri.

Oke lah, berhubung malam minggu kami ga ada gandengan untuk keluar (haha.. ada-ada aja) maka ada waktu luang untuk mengolah tuh Ubi spesial. But.. kami sama sekali ga tahu dan ga pengalaman mengolah ubi. Payah nih, “sok kota” ga pernah ngolah ubi, padahal bertiga sama-sama wong ndeso, berasal dari desa,, hoho.. Semakin “sok kota” karena alih-alih tanya petunjuk dari orang tua, kami cari tau cara olahnya di Google!  Sah-sah saja bukan? Ya, sah saja dan Mbah Gugel memberi saran praktis dan sesuai dengan ke-sok kota-an kami: Di-oven selama 30-90 menit, beres.  Sederhana sekali ya.. He’em, sederhana bila saja kami punya kelebihan uang saku untuk mengisi kos dengan oven. Tapi mana pernah dan mana perlu?

Oke, lupakan  mbah Gugel dan kami pun bersiap untuk malam minggu ceria dengan “Mengolah Ubi Madu”. Tentu saja tanpa mengikuti kaidah mengolah ubi madu yang baik dan benar. Yang penting happy. Heheh..

Langkah pertama, siapkan tampat bakaran dan arang. Sambil menunggu bara cukup oke, sholat di masjid dulu berdoa semoga Ubinya dapat matang dengan baik (hey hey.. berdoa itu untuk mengharap ridho Allah semata bro..)

Langkah kedua, taruh tu Ubi Madu Cilembu di atas bara. Kipas-kipas secukupnya.

 

Menurut teorinya, pembakaran bakal selesai kalo si Ubi udah mengeluarkan cairan madu. Berapa menit lamanya kami tak tahu, klo di oven 30-90 menit, dengan bara arang berapa ya? Entahlah, yang penting siapkan dulu ubi selanjutnya :)

Ternyata eh ternyata, sampai ubinya gosong juga ga keluar-keluar cairan madu yang diharapkan. Hahaha..

Kaboom! Jadilah..  Ubi Gosong Cilembu. Siap untuk dinikmati…

Daan… rasanya tetap enak lho.. emang luar biasa ni Ubi Madu, dimasak dengan cara ilegal pun tetap manis :)

***

note: cara di atas memang salah. di tengah proses kami menemukan cara yang lebih oke yakni dengan menaruh Ubi Madu Cilembu di wajan, lalu ditumpuk dengan bara arang. Rasa madunya terasa lebih manis, ga terkontaminasi aroma gosong :P

About these ads

8 thoughts on “Bakar-bakar Ubi Manis/ Madu Cilembu

  1. ealah wong ndeso pesta telo…kasihan juga..ok yang pasti dho sehat wal afiat ya..semangat meraih masa depan sukses selalu

  2. waaah,..seru ceritanya,..
    Ubi cilembu madu emang banyak cerita n banyak yg suka,…
    Kalau boleh aku minat sekali memasarkannya
    he he…kebetulan didaerahku belumada,..
    Itu ubi kan sangat bermanfaat utk diet,..apa bener,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s