Baleno = Balekno

Ini cerita unik yang baru kudengar saat LKO kemarin dari kang Fikri Irsyad, ketua kongres KM ITB. Entah cerita unik ini sudah populer atau belum, karena aku baru tahu, jadi kutulis saja. Silakan diambil pelajarannya untuk teman-teman yang juga baru tahu.

Baleno. Apa yang terpikirkan secara spontan? Sepakat, nama mobil. Mobil keluaran Suzuki yang cukup elegan di nusantara. Walaupu keluaran pabrikan Jepang, tahukah Anda bahwa prototypenya sebenarnya dari orang Indonesia? Kata ‘baleno’ berasal dari dari bahasa Jawa ‘balekno’ yang berarti ‘kembalikanlah’.

Protoype mobil bagus ini dibikin orang Jawa. Tentu saja dengan pemikiran dan usaha keras jadilah prototype ini. Sebagai putra bangsa, sang pembuat prototype ini menawarkannya ke pemerintah untuk dijadikan produk lokal.

Nah, apa tanggapan yang ia terima? Ternyata prototype ini ditolak mentah-mentah. Sudah mengembangkan sedemikian rupa, dengan beberapa tenaga kerja, dan kebutuhan rumah tangga yang semakin mendesak, eh pada akhirnya ditolak. Waduh.. Dan seperti yang kita ketahui, prototype ini akhirnya menjadi milik Suzuki. Sebelumnya sang pembuat prototype mematenkan dan meminta Suzuki untuk menamai produk ini ‘Baleno’. Mengapa kata yang dipilih ‘kembalikanlah’? Dari paragraf ini, teman-teman sudah bisa menyimpulkan sendiri lah.

Sekarang produk Baleno laris manis penjualannya. Menyesal juga produk yang mungkin bisa menaikkan pendapatan negara beratus-ratus milyar justru menjadi milik asing. Baleno oh Baleno.. Kembalikanlah

Iklan

One thought on “Baleno = Balekno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s