Posted in sports

Sepakbola Gila


Aku tidak pernah tidak mengakui sebagai seorang gibol (gila bola). Sejak pertama mengenal sepakbola di tahun 1998, aku punya ketertarikan yang begitu tinggi. Bukan karena menonton siaran langsung yang ditunggu jutaan orang di dunia, atau karena aku lahir tepat waktu putaran final Piala Dunia 1990 (apa hubungannya coba), melainkan karena aku memulainya dengan bermain riang gembira, berebut bola dan mencetak gol di sebuah lapangan kecil yang penuh kenangan.

Setelah semakin lama semakin tahu dunia bola, dan memilih AC Milan dan FC Barcelona sebagai tim jagoan, tentu saat bermain sepakbola pengen mencetak gol dengan sundulan ala Bierhoff, tendangan ala Shevchenko, gebrakan dahsyat Kaka, sampai liukan maut Lionel Messi. Dan sebenarnya ada beberapa momen yang (walau dalam lingkup amatir) hampir menyamai superstar-superstar bola tadi. Entah ini terlalu lebay, atau.. Sepakbola memang Gila. These are my best moments when playing football. Check it out!

1. Waktu SD

Momen tak terlupakan waktu SD adalah saat tim kelas 5 (klo ga salah) melawan SSB Adidas. Di pertandingan itu aku pertama kali bermain di lapangan Makamhaji yang legendaris itu (legendaris dari mana?), dan pertama kali memakai sepatu bola. Nah, best momen terjadi di menit-menit awal pertandingan di mana aku berlari kencang, melewati hadangan bek lawan dan melepaskan tendangan mendatar yang tak kuasa dibendung kiper lawan. Solo Run Goal ala Kaka!! Wow!! Tapi berbeda dengan Kaka, itu hanya bisa sekali kulakukan, hanya di pertandingan amatir, dan sehabis melakukannya aku tidak kuat berlari lagi. Untuk jalan pun capek banget (lemah!). Juga lecet di kaki kiri karena sepatu bola kekecilan (yang sampai saat ini masih ada bekasnya). Alhasil, sang ‘superstar 20 detik’ pun tak bisa menyelamatkan timnya dari kekalahan 1-2. Satu momen indah lain adalah saat mencetak gol dengan tendangan bebas melengkung kaki kiri. Dilakukan saat latihan SD di lapangan sekolah, dengan bola plastik tentunya (yah..). Hampir sama dengan yang dilakukan Lionel Messi ke gawang Dinamo Kiev di ECL musim ini. Bedanya? FIFA tak mencatat gol indahku ini (yaeyalah, di tingkat terendah dunia, amatir, latihan SD di Indonesia), sedangkan Messi di tingkat tertinggi (ECL). Dan karena aku sangat jarang menendang dengan kaki kiri, dapat disimpulkan itu 100% luck 0% skill, kebalikan dari Messi yang 100% skill. Hahaha

2. Waktu SMP

Waktu SMP kenangan sepakbola kurang berkesan. Aku dulu malah masuk ekskul basket bukan sepakbola. Dari sedikit kesan, gol yang kukenang adalah cannonball di Manahan. Tentu bukan di lapangan dalam stadion terbaik di Jateng itu, tapi di lapangan luar dekat parkiran, lapangan kecil. Tendangan geledek dari tengah lapangan (lapangannya kecil sih) yang alhamdulillah bisa membuat bek dan kipernya menyingkir. Bersaing lah dengan gol Steven Gerrard. Hehehe

3. Waktu SMA

Satu gol yang kukenang adalah satu-satunya gol yang kucetak di Smansa Cup. Bertempat di lapangan lupa namanya (di pinggir jalan AdiSucipto pokoknya, selain Paulan). Momen cornerkick dituntaskan dengan tendangan kaki kanan yang menembus gawang lawan. Sebuah gol ala Filippo Inzaghi (haha, ketahuan jeleknya). Walaupun torehan gol jauh banget dari para topskor SmansaCup seperti sahabatku Ichal dan eks ketua Wika mas Gondre, tapi tak apalah, yang penting pernah mencetak gol. Sebenarnya ada satu momen tendangan melengkung kaki kanan yang kulakukan dengan sepatu gresnya Eki, tapi entah bagaimana kiper lawan bisa menepisnya. Timku pun tersingkir karena hanya bisa bermain imbang di laga itu.

4. Waktu Kuliah

Belum pernah maen bola lapangan gede euy. Era futsal soalnya. Di timnas Telkom, torehan golku (futsal) di pertandingan resmi baru satu (waktu Telkom menang 10-0 atas Metalurgi). Yah, kapan-kapan harus maen bola lapangan gede lagi. Dan menciptakan momen terbaik dengan gol ala Messi atau Kaka. Hoho..

Sepakbola memang gila

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s