Diposkan pada teknologi

Cek Temperatur Komputer dengan HWMonitor


Beberapa hari yang lalu, laptop saya sering sekali CPU Usage-nya tiba-tiba menjadi 100%. Tentu saja itu menjengkelkan karena kerjanya hang, melambat sekali. Padahal baru satu bulan ini kapasitas memori saya tambah (alasan penambahan juga karena CPU Usage yang tiba-tiba melonjak).

Saat didiagnosa penyakit laptop ini sebelum ditambah memori, ada 3 hal: memorinya mungkin terlalu kecil, OS windowsnya yang error, atau kejanggalan dari suhu laptop yang sangat panas. Daripada mengambil resiko lebih jauh, saya langsung menambah memori dan install ulang windows. Harapannya, permasalahan tuntas. Ternyata, tuntas untuk sekitar 2 minggu, kemarin muncul lagi problem CPU Usage.

Karena 2 hal sudah diatasi sebelumnya, satu kecurigaan yang muncul adalah karena panasnya suhu laptop. Memang laptop saya saat itu sangat panas. Di atas normal. Tapi, bagaimana bisa tahu berapa suhunya dan normal atau tidak?

Yah, setelah restart dan laptop bisa jalan lagi pelan-pelan, saya googling mengenai masalah temperatur komputer. Ternyata memang ada batasnya dan perlu dicermati! Dalam artikel yang saya baca, untuk laptop/notebook, yang berbasis AMD punya temperatur max 85-90 C. Temperatur yang dianjurkan 60-70 C. Sedangkan yang berbasis Intel harus bekerja ‘lebih dingin’, yakni max 85 C. Yang dianjurkan 50-60 C. Untuk komputer desktop juga terdapat perbedaan berdasar basisnya. AMD max 85-95 C, anjuran 50-65 C. Intel 75-85 C, anjuran 45-55 C.

Masalahnya, di mana kita bisa tahu suhunya? Dengan termometer? Ya engga lah. Lewat aplikasi bawaan Windows? Hmm..nyarinya di mana? Pada akhirnya, saya mendapatkan software khusus untuk mengecek temperatur dan memonitor hardware dari website ini. HWMonitor. Langsung install dan cek hardware.

Akhirnya diketahui bahwa suhu laptop saya yang berbasis Intel sudah melebihi yang dianjurkan. Cooling pad! Karena tidak punya, jadinya pinjam teman kosan. Hehe. Satu lagi tambahan dengan bisa tahu temperatur hardware, kita bisa tahu cooling pad yang dipakai bekerja dengan bagus atau tidak. Jadi kalau beli cooling pad yang berharga sangat murah jangan bangga dulu, cek dulu fungsionalitasnya dengan melihat suhu pada HWMonitor.

Silakan dicoba! Yang paling penting, jagalah temperatur komputer Anda.. jangan sampai terkena penyakit CPU-Usage karena faktor yang sering diabaikan ini.

Iklan

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Satu tanggapan untuk “Cek Temperatur Komputer dengan HWMonitor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s