Posted in kampus, periodic diary

KP-First Day


Liburan semester enam di sini identik dengan Kerja Praktek (KP). Begitu pula dengan saya yang berkesempatan untuk KP di Telkom Bandung. Awalnya sih mau di Telkomsel Jakarta, tapi karena beberapa kendala teknis, maka tidak jadi dan akhirnya di dekat-dekat saja, Telkom Supratman Bandung. Lumayan, malah ga usah cari kos lagi (hanya 10 menit dari kos) dan jatah speedy kosan tetap terjaga. Hehe..

Hari pertama KP Rabu, 1 Juni 2011. Ga tau kenapa dipilih tanggal yang nyempil gitu (FYI, tanggal 2-5 langsung libur lagi). Mungkin karena saya apply untuk bulan Juni-Juli tanpa menyantumkan tanggal (asal 2 bulan utuh saja), eh diapprove Telkom apa adanya, tanggal 1 Juni-31 Juli. Nice yah.. haha

Hari pertama, first impression harus bagus donk.. Saya mengusahakan dengan berpakaian serapi mungkin. Kemeja, celana bahan, sepatu, wah sudah benar-benar sepeti pegawai resmi. Karena saya sudah tau tempat dan ruang KPnya, no problemo untuk datang tepat waktu (jam 8 pas saya sampai di Telkom Supratman). Oya, Telkom Supratman ini merupakan bagian Netre (Network Regional) Jawa Barat. Saya single fighter di bagian STS (Switching Technical Support). Ga milih yang Telkom Pusat Japati, karena selain cerita KP gabut, pingin belajar trafik secara lebih spesifik. Yuph, di sini saya bakal belajar trafik spesifik di regional Jabar saja, dibimbing langsung oleh Pak Agus Fikri, yang notabene manager switching Jawa Barat.

Agenda pertama: kenalan dan merumuskan tujuan KP dulu bersama pembimbing. Oya, Pak Agus Fikri ini manager yang ramah banget. Langsung berasa nyaman, apalagi ruang kantornya emang nyaman sih. Saya dipersilakan mendaftar di web Telkom sebagai peserta KP, dan mempelajari apa yang ada di web netre-jabar.telkom.co.id. Setelah itu langsung deh bicara target. Sebenarnya saya lebih suka kalau hari pertama ya kenalan dan kegiatan informal dulu. Tapi okay lah..namanya juga kerja di tempat orang, ga bisa menentukan sekehendak hati sendiri. Toh, KP saya jadi cukup jelas untuk hari itu. Dan apakah target yang ditetapkan untuk saya? jreng jreng…

Pertama, mengamankan TRAFFICABILITY pada angka 98,5%. Jadi tingkat kesuksesan pelayanan trafik harus minimal di angka itu waktu akhir bulan. Busyet, sekarang saja trafficability masih di angka 98,3%.. Tugas saya berarti menaikkan yah, bukan menjaga.. Tahfafa, namanya juga tantangan. Trus kedua, mengawal MIGRASI TDM ke NGN. Weleh, apa tuh? Pake istilah “mengawal” pula.. Saya juga belum begitu paham sih untuk tugas kedua ini, yang jelas teknologi di Telkom kan sudah mau di-upgrade dari TDM (Time Divison Multiplexing) jadi NGN (New Generation Networks) yang berbasis internet itu. Bagaimana implementasinya, ya ntar dipelajari bersama pembimbing KP.

Sudah jelas targetan yang kudu dicapai, saatnya untuk kerja! Kerja di bagian trafik ini, saya seperti Praktikum Rektraf (teman-teman ET’08 pasti tak asing lagi) tapi dengan jangka waktu yang lebih panjang. Pengolahan data cukup dengan excel seperti biasa, tapi ini datanya banyak banget. Saya harus mencari tahu satu per satu singkatannya dulu apa, terus angka-angka yang tertampil maksudnya gimana, faktor yang mempengaruhi trafficability yang mana saja, dsb. Lebih ribet deh, tapi Pak Agus Fikri terus memberi wejangan agar santai dan dinikmati saja pekerjaannya. Ntar juga tercapai kok targetannya. Amin. Sip, I will enjoy it, Pak.

Jam istirahat siang pun tiba. Saatnya untuk sholat Dhuhur dulu. Masjidnya nyaman. Then, makan siang. Saya sempat mengira bakal tidak mendapat jatah makan siang dari kantor, dan berencana untuk izin pulang dulu saja cari makan siang di luar. Tapi ternyata, di dalam ruang, Pak Agus Fikri memberikan jatah makan siang. Asyik! Nasi ayam goreng taliwang plus ice cream mengobati rasa lapar karena pagi hari cuma sarapan setangkep roti. Selanjutnya saya tetap izin pulang sih, ambil laptop. Begitulah enaknya, jadwal di sini cukup fleksibel. Saya pun diperbolehkan pulang sampai jam 14.. bisa istirahat bentar di kosan…

Saatnya bekerja kembali. Tapi jam setelah makan siang ini jadi agak gabut. Soalnya, pak Agus Fikri dan bapak2 yang dikenalin di awal sebagai rekan kerja saya 2 bulan ini (pak Syamsul, pak Irawan, pak Agus, pak Bernard) baru keluar ruangan. Saya mengutak-atik data excel sendiri ga begitu jelas. Untunglah selepas Ashar, pak Syamsul datang dan saya pun bisa bertanya dan sedikit demi sedikit memahami data trafik tersebut. Oya, dalam mencapai targetan saya bisa mempelajari berbagai tools, utamanya terbagi jadi 2 yakni management office tools dan network management tools. Untuk management office, ada SiPete, Monslip, ITMS, InfraCnR, CDS, dll. Khusus hari ini (dan mungkin selanjutnya) pake SiPete dulu. Ntar bakal mempelajari management office tools yang lain atau engga, data trafiknya bakal (cenderung) sama sih. Untuk network management, ntar bisa belajar AT&T, EWSD dan softswitch.

Well, agenda hari pertama sampai jam 17.00. Harusnya jam 5 sore tepat itu sudah bisa cabut, tapi karena pembimbing saya seorang manager yang workaholic, jadi harus menunggu dulu untuk pamit pulang. Hmm.. tapi lama juga ya.. 30 menit kemudian (jam 17.30) baru saya bisa pamit pulang. Wuih, berasa full banget ya hari pertama ini, sampai jam 17.30! Walau agak gabut sih.. hehe… Yang jelas, hari pertama ini cukup menyenangkan. Semoga begitu untuk hari-hari berikutnya sampai selesai KP dan tuntas semua targetan. Saatnya menikmati liburan dulu selama 4 hari sebelum kerja lagi..

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

9 thoughts on “KP-First Day

  1. Selamat berkarya. Semoga sukses sll. Gunakan waktu sebaik mungkin. Gali pengalaman sebanyak2nya ya. Selamat berjuang. Semoga sukses.

    1. orang yang terencana dan fokus dengan tujuannya, mungkin bisa dianalogikan ama orang yang rajin menabung untuk persiapan masa depan.. seperti itulah..😀

Tinggalkan Balasan

