Diposkan pada embun

Cara Menghindari/Menghilangkan Jerawat


Dengar kata jerawat, bagi ABG, remaja, puber atau anak yang baru beranjak dewasa, wah langsung terdengar seperti momok yang menakutkan. Terlebih bagi cewe yang sangat memperhatikan penampilan (sebenarnya cowo juga, tapi cenderung jauh lebih cuek).

Nah, kemarin saya baca sebuah thread di Kaskus (kebetulan jadi Hot Thread) mengenai cara menghilangkan jerawat. Di situ disebutkan ada 9 cara. Check it out!

1. Sering-sering bersihin muka pakai air (karena muka remaja itu “tambang minyak”.. hoho.. banyak minyak kalo ga dibersihin bakal menyumbat pori-pori dan muncullah jerawat)

2. Usahakan sebisa mungkin kaga kena asap kendaraan (pake cadar ato slayer, atau helm yang ada kacanya.. kalau perlu pake topeng kaya satria baja hitam.. haha)

3. Usahakan jangan makan makanan pedas (yah, makanan pedas cenderung berlemak, dan katanya sih jadi gampang jerawat.. wah, padahal lagi tren makanan pedas ya.. Keripik M*icih misalnya.. hho)

4. Karena alergi daging ayam dan telur (yang alergi, sebaiknya menghindari 2 makanan lezat tersebut -_-)

5. Kalo lagi jerawatan jangan dipencet-pencet (klo dipencet malah bakal meninggalkan noda hitam dan bopeng di wajah nantinya. Ga mau kan dikucek pake Rinso? hehe.. cape de)

6. Jangan stress (katanya sih stress memacu timbulnya jerawat)

7. Sering-sering olahraga (panas tubuh bakal membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran2 darinya)

8. Kalo keramas usahain samponya jangan kena wajah (sebab sampo, terutama yang pake protein, bakal nimbulin jerawat kalau kena kulit muka)

9. Sebelum mandi bersihkan muka pakai air hangat dan bilas (air hangat.. jangan air panas lho ya, jadi merah melepuh ntar tuh wajah)

Nah, Anda bisa saja mencoba mengikuti tips-tips di atas untuk menghindari atau menghilangkan jerawat. Ga tau bakal ampuh atau engga, ya kalau ampuh ntar dishare saja.. 🙂

Sementara bagi yang ga mau jerawatan, tapi masih ragu menjalankan beberapa tips di atas (misalnya karena berjiwa petualang sehingga ga asyik kalo belum kena asap kendaraan, masih pengen menikmati makanan pedas cem keripik M*icih, atau males ngangetin air sebelum mandi), ada satu solusi yang bisa diambil. Simple, tapi sangat mujarab, bahkan efeknya langgeng. Cara apakah itu?

Tak lain tak bukan adalah banyak-banyaklah berwudhu. Ya, seperti tips nomor1 tapi lebih spesifik lagi. Menjelang sholat, kan sudah umum untuk berwudhu. Nah, mulai sekarang mulai ditingkatin frekuensinya. Habis bepergian, cuci muka sekalian dari proses wudhu. Habis makan pedas, sikat gigi dan cuci muka lagi dengan wudhu. Marah atau stress, hilangin dengan wudhu. Simple bukan? Bagaimana bisa pengaruh terhadap jerawat? Yah, air wudhu akan menghilangkan kotoran di pori2, “membentuk” rona cerah di wajah, untuk yang rajin beribadah Allah SWT akan mencerahkan rona wajahnya. Wajah terlihat bercahaya, makin rupawan, dan jerawat pun enggan datang. Wow!

Apalagi kalau wudhu dengan segarnya air dini hari terus lanjut sholat lail, wuih makin segar aja tuh wajah dan makin jauh saja dari jerawat. Sejauh ini cara itu menurut saya sangat ampuh. Sekalipun di beberapa waktu saya jerawatan juga, itu karena konsentrasi berwudhu dan sholat baru menurun karena ada sesuatu (sebut saja cinta.. prikitiew.. atau mungkin juga kebanyakan makan kacang dink). Bukan bermaksud sombong, tapi kenyataannya memang frekuensi jerawatan jauh lebih sedikit dibanding yang pake perawatan atau obat antijerawat tertentu. Plus dengan berwudhu kan jadi mendorong untuk Dzikrullah dan beribadah, so inilah yang saya maksud efeknya langgeng. Selain (semoga) mendapat ridho Allah, mencercahkan kemungkinan kita dibangkitkan di akhirat dalam kondisi wajah yang cerah tanpa noda hitam (tau artinya kan? ya, amalan terpuji dan ibadah di dunia jauh lebih banyak dibanding keburukan yang dilakukan).

Saya, of course, tidak tahu penjelasan ilmiah, apalagi yang mendetail, kenapa wudhu bisa menghindari atau menghilangkan jerawat. Tapi seperti itulah,, Coba saja..  🙂

Iklan

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s