Posted in islami

Tarawih 10- Masjid Daarut Tauhid Gegerkalong


Malam 10 Ramadhan… Setelah 3 hari berturut-turut sholat tarawih di Masjid Salman, saatnya “menjelajah”. Kali ini berkilo-kilo jauhnya dari ITB, menuju ke Gegerkalong untuk tarawih di masjid yang kondang karena didirikan da’i nasional Aa Gym, masjid Daarut Tauhid.

Sholat di masjid ini untuk kedua kalinya (yang pertama Ramadhan tahun lalu), ada sedikit perubahan dalam masjid ini. Tapi tetap saja nyaman senyamannya untuk sholat dan tilawah. Masih ada juga 2 TV flat bagian kanan dan kiri, mungkin sekalian khutbah tarawihnya dibroadcast MQTV. Saya sendiri bersama 3 teman kebetulan dapat shof kedua dari depan, tepat di hadapan mimbar jadi tak perlu melirik ke layar TV besar di samping. Anyway, khotib malam ini bukan Aa Gym, tapi tetap bagus kok materi dan cara penyampaiannya.😀

     

**

Dalam khutbah tarawih ini, khotib membahas mengenai usaha pencapaian kita menuju ketakwaan, sebagaimana merupakan tujuan kita shaum di bulan Ramadhan ini. Dalam mencapainya, Allah telah memberi modal yang sangat banyak, salah satunya adalah otak.

Otak merupakan pusat indera kita. Bagian tubuh paling spesial untuk mengendalikan tubuh kita. Berhubungan dengan shaum ini, otak kita semestinyalah diprogram berdasar Al-Qur’an. Karena tiada keraguan dalam AlQur’an, di sanalah letak segala jawaban. Dengan memprogram otak dengan Al-Qur’an maka outputnya adalah pikiran yang cerdas dan solutif. Langkahnya jelas, lebih mendalami al-Qur’an. Rasulullah SAW saja sebulan terus belajar dari malaikat Jibril, apalagi kita yang kadar imannya masih naik turun.

Selain itu dijelaskan pula mengenai shaum, di mana tugas berat kita adalah mengendalikan nafsu. Bukan hanya menahan dari makan dan minum saja, tapi pengendalian syahwat yang merupakan tempat bermain setan. Tentunya kita tidak mau dikendalikan oleh setan. Nauzubillahi min dzalik…

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s