Diposkan pada periodic diary

Hidangan Lebaran nan Lezat


Di malam hari menjelang lebaran di Indonesia tercinta ini, ketika para ikhwan sibuk dengan pesta takbiran yang acapkali bergeser niat syiarnya, para akhwat atau kaum hawa punya kebiasaan umum yang menarik. Kebiasaan ini positif, tak lain yaitu menyiapkan hidangan lebaran untuk keluarga besar.

Paling umum di momen Lebaran tentunya ketupat, dengan lauk pendampingnya yang biasa berupa opor ayam. Banyak macam hidangan Lebaran untuk keluarga besar masing-masing di seantero Nusantara yang mayoritas muslim ini. Apapun jenis hidangan Lebaran itu, memasak dan menyiapkannya telah menjadi tradisi tersendiri untuk ibu-ibu di malam Lebaran.

Hidangan lebaran, tanpa kita sadari telah menjadi semacam “alat silaturahim” tersendiri. Ketika keluarga besar berkumpul dan menikmati bersama hidangan lebaran,, hmm.. rasanya luar biasa mantap! Mak nyuss kalau kata Pak Bondan mah. Momen ngobrol bareng saat makan selalu menyenangkan, dan kelezatan makanan telah menjadi magnet kuat untuk mudik bagi orang rantau. Bukan saja ingin bertemu orang tua dan sanak kerabat, melainkan juga kangen akan lezatnya rasa dan kenikmatan makan bersama hidangan lebaran.

Nah, berbicara tentang hidangan lebaran, yang khas di keluarga besar saya di Klaten adalah masakan daging entog dan jangan lombok. Kedua masakan benar-benar  “Simply The Best”, lezatnya best banget dah.

Eyang kan emang melihara banyak entog di belakang rumah beliau, nah tiap momen lebaran pasti ada yang dipotong dan dimasakkan untuk anak cucu (keluarga besar saya).  Rasa daging dan keempukannya benar-benar memanjakan lidah. Ditambah jangan lombok — ‘jangan’ (bhs Jawa) berarti sayur, bukan berarti jangan dimakan lho yaa—wew, sempurna.. Saking enak dan selalu difavoritkan keluarga besar, yah saat saya akan makan, udah tinggal segini nih…

Hikz.. gapapa lah,, tetap terasa lezzzaat…

Inilah hidangan lebaran khas keluarga besar saya di Klaten. Bagaimana dengan hidangan lebaran di keluarga besar atau di daerah kalian, Kawan? Lezat juga kan? 😀

Iklan

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s