Diposkan pada jalan-jalan

Wisata Gunungkidul: Kalisuci


H+1 Lebaran, bisa dipastikan di hari itu saya berada di Gunungkidul. Yah, di sanalah “tanah leluhur” saya yang kedua. Rumah eyang dan tempat berkumpulnya keluarga besar dari ayah saya. Tak terkecuali untuk H+1 Lebaran tahun ini.

Mengunjungi Gunungkidul bukan berarti mengunjungi daerah minim air lho ya.. Seperti juga pernah saya ceritakan di cerita terdahulu, mengunjungi Gunungkidul sama artinya dengan berwisata. Banyak sekali objek wisata di daerah ini, walau emang sih masih belum tergarap maksimal, tapi bagusnya kebanyakan objek wisata masih pure.

Setelah cerita tentang Pantai Baron dkk, Gua Bribin serta Hutan Wanagama, kali ini saya mengunjungi Kalisuci. Seperti namanya, kali berarti sungai. Anda pernah menikmati indahnya pantai Baron? Ada sungai kecil yang bermuara di pantai itu, bukan? Nah, sungai itu bermula di Kalisuci ini. Berawal dari mata air yang terlindungi pegunungan, aliran jernih Kalisuci menyusuri celah-celah megah gua, keluar lagi mencari jatuh sinaran sang surya, lalu kembali menembus bebatuan. Terus mencari jalannya menuju luasnya samudera. Elok.

Keelokan perjalanan Kalisuci menuju laut ini sekarang mulai digarap sebagai objek wisata potensial. Oleh masyarakat karang taruna lokal berpadu dengan mahasiswa pecinta alam. Bentuk wisatanya adalah menyusuri sungai dengan model semacam rafting tapi dengan sebuah ban untuk masing-masing orang. Menikmati lekukan indah Kalisuci, masuk dalam gua, menemui sinar matahari lagi, dan kembali masuk celah megah gua. Tak kurang dari 3 gua dimasuki bersama aliran sungai, dengan waktu sekitar 1,5-2 jam. Dihempas oleh sungai nan jernih dengan sensasi masuk dan keluar gua. Pengalaman menjelajah kawasan karst nan asyik bukan?

Paket jasa wisata yang bisa dinikmati tiap weekend (Sabtu-Ahad), hari libur, momen libur semesteran sekolah dan momen lebaran (bisa sampai 2 minggu). Harga yang dipatok cukup terjangkau, @Rp 65.000 (min. 5 orang). Perangkat penjelajahan sungai (pelampung, dekker, helm pengaman) sudah komplit, keamanan pun terjamin karena banyak guide dan tim medis di sana.  Tinggal datang sekeluarga atau rame-rame bareng teman dan nikmati pengalaman menyenangkan di Kalisuci.

Saya sendiri untuk libur Lebaran kali ini belum sempat mencoba paket wisata tersebut. Datangnya sudah kesorean sih. Hehe.. Tapi tentu akan saya agendakan untuk liburan semester mendatang.

Adakah yang tertarik? Ada yang mau bareng?

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

