Posted in kampus, teknologi

Mr.Budgets, Aplikasi Pengelola Budget Keuangan


Waha.. lama juga ternyata saya tidak update blog😦 Terdistraksi oleh banyaknya tugas kuliah di semester akhir ini (walau sebenarnya kurang bijak untuk dijadikan alasan sih). Tugas yang cukup menyita waktu itu salah satunya adalah tugas kelompok mata kuliah Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Bergerak (PPTB), dalam hal saya dan kelompok membuat aplikasi Mr.Budgets…

Apa itu Mr.Budgets?

Bisa ditebak kan ya dari namanya.. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur budget keuangan user. Anak muda jaman sekarang mesti bisa donk me-manage budget,, era ini emang mengarahkan ke budaya konsumtif, tapi kita ga semestinya lah ya terbawa arus. Kontrol budget itu penting, apalagi di usia yang produktif untuk start-up business, masuk dunia kerja, sampai menyiapkan rumah tangga (auwah..).

Entah karena saat ini kita makin sering diburu waktu, atau emang kitanya yang males, catatan keuangan atau budget harian kita anggap angin lalu saja. Terkesan ribet kalau harus menuliskan pemasukan dan pengeluaran harian di kertas. Alih-alih mau nulis, handphone kita sudah melambai untuk disentuh. Apa jadinya sih detik demi detik berlalu tanpa handphone sekarang ini?

Nah, ide Mr.Budgets pun muncul. Sederhana saja: menggabungkan urgensi pengaturan budget dengan penggunaan telepon genggam. Jika aplikasi sudah jadi, diharapkan bisa memudahkan pengaturan keuangan/ budget, melihat tren keuangan (grafik) dalam rentang waktu tertentu, mengatur alokasi budget, serta menghindari overhead cost (besar pasak daripada tiang..).

Waktu pengerjaan Mr.Budgets pun dimulai. Pengerjaan lancar? Wew, ternyata ga mudah kawan. Kami benar-benar baru pertama menjalankan Eclipse (software untuk membuat aplikasi Android) dan ADT (Android Development Tools) di dalamnya. Bahasa pemrogramannya Java, tapi sebagai orang Jawa saya awam (ga nyambung juga sih..). But if you never try, you never know.. Hari demi hari nan cukup ribet, mempelajari coding (kode pemrograman) sampai debugging (pencarian kesalahan) saat aplikasi “force close”. Seperti mimpi buruk yang terus terulang saat membuka perkembangan aplikasi dan terus “force close”.

Setiap pengorbanan pasti ada hasilnya pada akhirnya berlaku juga. Eureka! Di saat sudah hampir pasrah, aplikasi ini jalan juga. Dicoba di emulator dan di handphone sama-sama berjalan dengan baik. Huff… akhirnya…

Screenshot aplikasi:

    

   

Sederhanakah? Hmm.. emang masih perlu banyak pengembangan..

At least, pembuatan aplikasi ini meskipun cukup ribet (bagi kami) tapi worthed enough lah…

Memacu untuk terus belajar. Semoga ke depan bisa punya skill mengatasi hal-hal sepele maupun emang ribet dan membuat aplikasi yang jauh lebih kompleks, canggih nan bermanfaat. Every experts begin from amateurs kan ya? Bismillah..

Sukses selalu untuk kawan-kawan.. Terima kasih masih setia membaca blog saya🙂

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

5 thoughts on “Mr.Budgets, Aplikasi Pengelola Budget Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s