Posted in periodic diary

Bolang Long Weekend ke Expo Prancis di Jakarta


Beberapa hari yang lalu, kita baru saja menikmati long weekend yang lumayan karena berlangsung 4 hari (Kamis-Ahad). Ada agenda apa kawan-kawan? Liburan bareng keluarga.. Hang out bareng teman.. olahraga..hibernasi di rumah atau kosan.. atau.. tetap suntuk belajar untuk ujian dan tugas? Wew… Anyway, semoga teman-teman menjalani long weekend kemarin dengan suasana ceria dan selepas long weekend jadi refresh dan tambah semangad lagi🙂

Nah, agenda saya long weekend kemarin adalah berkunjung ke Jakarta. Membolang ria. Bolang? Bocah petualang? Itu singkatan umumnya. Tapi singkatan “bocah ilang” mungkin lebih bisa disematkan pada saya waktu itu. Gimana engga,, di saat banyak orang berbondong-bondong meninggalkan Ibukota untuk mencari udara segar, saya justru main ke sana. Mending lah ya kalo ke sana untuk silaturahim ke rumah saudara atau teman. Strangely bahkan mengarah ke freak, saya ke sana tanpa teman, ga niat ke rumah teman atau keluarga juga, plus acaranya berkaitan dengan pendidikan. Hoho…

Adalah teman saya yang paling bersalah dalam pem-bolang-an saya kali ini. Sudah memberi info yang sangat menarik, menginisiasi berangkat, eh malah dia sendiri ga jadi berangkat. Kampret-ly malah pulang kampung ga bilang-bilang pula. Haha… Tapi tahfafa, paling engga dia sudah memberi tahu saya tentang info ini: Pekan Pendidikan Tinggi dan Budaya Prancis!!

Pekan Pendidikan Tinggi dan Budaya Prancis (atau setelah ini saya bilangnya Expo Prancis aja biar ringkas) ini diadakan selama long weekend (17-20 Mei 2012) di lobi utama Kuningan City Mall.  Dari posternya udah keliatan bakal lengkap banget tuh exponya: presentasi pendidikan tinggi di Prancis, simulasi kelas, lounge konsultasi, pameran & art shop, konser musik, plus games & doorprize. Karena emang pada dasarnya saya baru highly excited dengan Prancis (kalo bisa lanjut S2 nanti ke sana..amiin), disuguhi promosi seperti itu jelas saja acara ini jadi agenda prioritas. So, sendirian pun.. tetap datang…

Basmallah untuk mengawali hari yang semoga penuh hikmah. Suasana pagi masih terasa saat saya memulai perjalanan ke Jakarta. Di travel sebenarnya saya sempat kepikiran juga karena ga hafal Jakarta, mana harus cari Kuningan City Mall. Tapi semua pasti bisa dengan cara biasa: Google Maps Tour Guide. Turun dari travel di Pasar Festival Kuningan, tak sulit untuk mencapai Kuningan City Mall yang nyatanya hanya berjarak 700 meter-an. C’est facile!

Et Voila! udah sampai di tempat expo.. Saya liat jam tangan, eh masih 30 menit lebih awal dari jam dibukanya expo. Yawda lah, charging cari makan siang dulu. Dan saya terheran-heran lah masih bisa makan kenyang murah meriah di kota terbesar tanah air ini. Jakarta ga seribet dan semahal yang banyak dibicarakan orang-orang. Mungkin saya aja yang belum melihat “wajah asli” Ibukota, atau mungkin orang lain yang mendeskripsikan secara berlebihan kerasnya Ibukota, pokoknya semua dikembalikan ke kalimat Basmallah aja deh. Dan hari indah yang harus diusahakan… Let’s back to the mall..

Liat-liat dulu venue Exponya:

tempat presentasi

Gallery Film

Lounge untuk nonton film Prancis

tempat simulasi kelas (malah foto Marion Cottilard-nya lah.. hehe)

Konsep acara dan tempat megah membuat acara ini terlihat oke punya. Tapi saya sudah menduga dari pengunjungnya ga rame-rame amat seperti sebelumnya di Senayan (Europe Expo). Selain lingkupnya lebih kecil (Prancis aja), tempatnya saya bilang juga kalah strategis (iya lah ya.. Kuningan dibandingin sama Senayan). Justru karena saya menduga pengunjungnya dalam jumlah standar, itu yang bikin saya sangat antusias. Jadi bisa banyak tanya di Lounge Konsultasinya… advantage!

Well, presentasi resmi baru dimulai jam 14. Tapi sudah bisa tanya-tanya secara informal di Lounge Konsultasi oleh mademoiselle Mini Riandini, koordinator Konsultasi dan Administrasi CampusFrance Indonesia. CampusFrance ini agen konsultasi resmi bentukan Pemerintah Prancis (bukan swasta) lho.. jadi segala bentuk konsultasi, tanya sebanyak-banyaknya = gratis. Saya pun menumpahkan semua rasa ingin tahu saya hari ini, dan dijawab dengan sangat ramah + detail oleh mbak Mini. Secara beliau pernah S1 dan S2 di Prancis, dan kerap mengisi pembekalan mahasiswa-mahasiswi yang akan melanjutkan studi ke Prancis.

Alors, Sesi presentasi umum pun dibuka

dan tetap banyak kesempatan untuk bertanya di saat presentasi umum… Pertanyaan spesifik dari studi sampai kultur (tentang agama bahkan: jilbab, sholat, puasa di sana) dijawab dengan oke. Mantap!

Entah dalam waktu dekat atau lambat saya ke Prancisnya.. semoga dari usaha kecil-kecilan dengan menghadiri expo dan lounge konsultasi seperti ini sedikit banyak bisa mewujudkan mimpi saya… Amiin…

Grand Jour! Merci beaucoup pour CampusFrance et IFI Jakarta.. en particulier pour Mme.Mini..

**

Kepada teman-teman semua, selamat menjalani hari dengan semangad dan langkah-langkah kecil menuju mimpi. Semoga mimpi kita tercapai! Amin..

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

4 thoughts on “Bolang Long Weekend ke Expo Prancis di Jakarta

Tinggalkan Balasan

