Posted in islami

Ramadhan dan Kedekatan dengan AlQur’an


Marhaban ya Ramadhan.. Selamat datang bulan Ramadhan..

Subhanallah.. Tak terasa yah sudah masuk ke bulan nan suci ini lagi. Bulan yang semestinya kita sambut dengan suka cita karena bakal ada banyak sekali berkah dan keutamaan selama sebulan ke depan. Pun harus banyak-banyak memohon ampun kepada Allah SWT. Tuntunan untuk menjadi orang bertaqwa hampir-hampir kita lupakan selama 11 bulan kemarin, bukan?

Semoga saja tidak.. tapi selalu ada baiknya kita saling mengingatkan. Tentunya kembali dibuka dengan QS Al-Baqoroh: 133

Mari berniat kembali mengharap ridho Allah, mencapai derajat taqwa..

Bismillahirrahmanirrahiim..

Ramadhan dan Al-Qur’an

Al-Qur’an turun di bulan Ramadhan (nuzulul Qur’an). Seperti dalam QS Al-Baqoroh: 185

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alqur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).

Terang di sini pentingnya mendekati Al-Qur’an, utamanya dalam bulan Ramadhan nan penuh berkah ini. Bagaimana mungkin kita bisa menjadi insan bertaqwa, bisa membedakan haq dan bathil, bisa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, tapi kita jarang memegang “panduan”nya, mengamalkan isinya. Bimbingan yang tidak ada keraguan sama sekali di dalamnya.

Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa

Di negeri kita ini dalam tanggal 17 Ramadhan seringkali memperingati malam Nuzulul Qur’an. Memang ayat pertama tercatat pada tanggal itu, tapi sebenarnya tidak ada tuntunan untuk memperingatinya. Justru yang mesti kita nanti bukanlah malam pertama diturunkannya Al-Qur’an, melainkan malam disempurnakannya Al-Qur’an: malam Lailatul Qadr.

Kita tidak tahu kapan jatuh pastinya malam Lailatul Qadr. Tapi kita tahu bahwa malam itu bernilai lebih dari seribu bulan (1000 bulan itu berapa tahun coba? melebihi umur kita di dunia kan?) dan kita bisa mengusahakan untuk mendapatkannya.

Caranya tentu saja dengan memperbanyak membaca dan mengamalkan Al-Qur’an mulai dari detik ini. Waktu senggang di siang hari yang biasanya kita gunakan untuk tidur atau hal kurang bermanfaat diganti dengan membaca Al-Qur’an. Toh, tak perlu khawatir terasa berat. Bila kita biasa harian cuma 1 ruku’, coba baca deh dan kagumi bahwa membaca 1 ruku’ di bulan Ramadhan itu terasa sangat singkat seperti membaca 1 baris di hari biasa. Yang biasa membaca 3 ruku’ selama hari biasa, membaca 10 ruku’ di bulan ini pun terasa lebih singkat dari membaca 3 ruku’ itu. Kita hanya perlu memulai!🙂

Ramadhan dan kedekatan dengan Al-Qur’an sungguh sangat berkaitan. Simpulnya akan mengikat hati kita dan membimbing menuju derajat taqwa. Sebulan penuh terbentang untuk kita mendekatkan diri dengan Al-Qur’an. Mari niatkan bersama untuk terus membaca dan mengamalkan sebaik mungkin.

Bismillahirrahmanirahiim..

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s