Diposkan pada embun, periodic diary

Hari Pramuka!!


Guru : 14 Agustus. Hari ini kalau di Indonesia hari apa, anak-anak?

Si Lugu : *menyahut dengan lantang* hari Selasa, Pak!

Guru : *terkesiap* *langsung liat kalender* Cer-das. Cer-das. Tapi itu bukan yang Bapak maksud. Ada peringatan khusus di hari ini sehingga hari ini kita semua memakai seragam coklat-coklat ini. Coba kamu, kenapa tadi upacara pakai seragam ini? peringatan hari apa itu?

Si Genit : Apanya? Eh. Kenapa ya Pak koq bisa gitu.. heran deh..

Guru : Ealah. Masa ga tau. Sekarang adalah HARI PRAMUKA! *lantang penuh semangat*

Si Bego: *membatin* terus gw harus bilang ‘Wow’ gitu? -__-

**

Percakapan kurang ajar seperti di atas, percayalah, tidak pernah ada. Sebagai anak yang pernah mengenyam bangku sekolah, tentu kita tak sulit untuk menerka bahwa tanggal 14 Agustus adalah Hari Pramuka.

Seberapa pentingkah sehingga saya harus posting tentang pramuka di hari pramuka ini?

Pertama, apresiasi buat Pramuka. Praja Muda Karana. Rakyat Muda yang Suka Berkarya, begitu artinya.Walaupun saya tidak pernah benar-benar aktif dalam organisasi kepanduan ini, terus terang saya setuju kalau Pramuka itu punya tujuan dan program mulia. Bisa dibilang pramuka itu melatih banyak hal positif sejak dini. Di saat kita SD dulu, Pramuka-lah ekstrakurikuler yang melatih kebersamaan, kerjasama tim, ketangkasan, keberanian, kepemimpinan, dan banyak lagi. Oke ga tuh? Bahkan saya juga mau-mau saja bilang kalau munculnya orang-orang alay (sok lugu, genit, bego seperti sifat di atas) di tanah air ini mungkin karena sekarang gaung pramuka kurang digalakkan. Boleh setuju boleh tidak dengan opini saya itu sih. Hehe..

Dari Pramuka, saya belajar sandi morse yang –setelah waktu berlalu– saya menyadari pentingnya Morse dalam sejarah telekomunikasi, bidang yang saya tekuni sekarang. Saya juga belajar sandi kotak, di mana saya bisa memfungsikannya untuk memecahkan case di blog serial favorit saya, Sherlock. Haha.. Banyak lagi kode atau sandi yang dipelajari, yah mungkin beberapa bisa berguna kalau kita ingin mengisyaratkan isi hati (auwaah..)

Kedua, selepas menyadari sekarang hari Pramuka saya segera teringat salah satu memori paling kocak sepanjang hidup saya. Memori itu jelas terkait dengan Pramuka, yakni saat Kemah Pradana Manunggal Smansa. Kemah Pradana merupakan kemah agenda resmi tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMAN 1 Solo. Kebanyakan merasa agenda wajib ini memberatkan. Saya juga sempat kepikiran begitu. Tapi setelah dijalani, ternyata super funny. Entah karena acaranya yang menarik, atau karena saya tergabung di kelas yang isi otak muridnya almost having fun, pengalaman kemah pramuka itu jadi sangat menarik.

Bagaimana ceritanya? Silakan ambil popcorn dulu (eh, shaum dink ya..)

Duduk manis. Siapkan senyum. Dan tunggu postingan berikutnya (hehe.. kena deh..)

==bersambung==

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

