Posted in periodic diary

Ketika Smartphone Pingsan…


Beberapa hari ini saya harus menggunakan lagi hape batangan jadul yang sudah beberapa bulan tidak saya pakai…

Kenapa oh kenapa?

Tak lain karena smartphone saya baterainya kosong song 0% (teledor.. mau sholat Jumat ga nyadar kalau udah low bat, setelah sholat udah pingsan dah tuh smartphone). Beberapa cara sudah saya lakukan seperti membuat smartphone saya kembali terbangun, seperti ke Sony Service Centre di ITC Roxy Mas (walaupun jauh dari kosan tapi oke lah karena saya selalu lebih percaya dengan service center resmi), maupun dengan pinjam desktop charger untuk memberi “nafas buatan” baterai smartphone saya. Tapi kedua cara itu berakhir naas: sampai kosan pingsan lagi gara-gara kesalahan teknis berbagai rupa.

Akhirnya saya pun mengambil langkah terakhir: membeli baterai baru. Biar kantong ga bocor di awal bulan, saya menggunakan jasa FJB kaskus sahaja.. dan sambil menunggu si baterai baru datang, saya berusaha untuk tidak mengeluh dan memanfaatkan hape jadul saya dengan baik. Toh fungsi utamanya hape (sms, telpon, internet.. haha) masih berjalan dengan baik.

Oke saya ga ngeluh.. insya Allah…

Tapi tetep saja ada beberapa hal penting yang sangat saya rindukan dalam beberapa hari tak menggunakan fitur asyik smartphone. Berikut 5 top aplikasi Android yang paling saya rindukan dari smartphone saya:

1. Google Maps

google maps jakarta

Sebagai seorang traveller dan putra seorang geograf,  peta adalah teman sejati. Dan Google Maps dengan fitur peta dan GPSnya nan canggih itu sangat membantu untuk jalan-jalan keliling Jakarta. Ga perlu ragu tersesat. Bisa cari shortest part, bisa cari tempat-tempat penting terdekat. Terpenting, kita bisa cepat hafal dengan daerah yang baru saja dilalui. Jadi kebayang lah kalau ada peta. Pokoknya males lah keliling kota naek motor tanpa aplikasi satu ini. Walau sebagai traveller, hobi jalan-jalan tetep ga berhenti. Kan udah saya bilang tadi.. saya ga mengeluh, cuma rinduu… dan saya emang rindu zoom in zoom out Google Maps di smartphone saya lagi.

2.   Money Lover

money lover

Sebagai anak rantau dan pekerja newbie, perencanaan keuangan adalah hal penting. Dan bila ada aplikasi yang support luar biasa terhadap hal itu, tak lain tak bukan adalah Money Lover. GUI (tampilan buat user) bagus, cara pengoperasian gampang, fitur buat cek keuangan komplet.. beberapa hari tanpa aplikasi ini, saya mesti menulis pemasukan dan pengeluaran di kertas HVS, cara jadul, tak efektif, dan riskan hilang. Kangen deh bisa masukin data keuangan pribadi secara cepat di aplikasi satu ini…

3.Whatsapp

whatsapp

Yang namanya aplikasi chatting itu pasti nagih! Apalagi kalau tampilannya asyik dan emotnya banyak kaya Whatsapp ini. Ga ngabisin pulsa juga jadi alasan banyak orang pilih berkomunikasi via whatsapp aja. Nah, beberapa hari aplikasi ini mati jadi khawatir juga ni banyak yang ngewhatsapp tapi ga berbalas.. -___-

4. BI Quran

Bi Quran

Kalau yang satu ini berbau rohani. Belakangan jadi penting karena jadi salah satu resolusi saya tahun ini: mengkaji dan share ayat suci Al-Qur’an. BI Quran punya fitur komplet, mulai dari pencarian surat, arti bahasa Indonesia maupun tafsirnya. Oke ga tuh… Tanpa aplikasi ini saya mesti googling dan menghafal dulu arti per kata, asbabun nuzul maupun tafsirnya. Bismillah semoga cepet bisa baca aplikasi ini lagi deh..

5. Opera Mini

opera mini

Inilah web browser paling mainstream untuk mobile phone. Hape jadul saya juga ada sih ni browser, tapi tetep aja ga seelegan tampilan dan penggunaan kalau di smartphone. Terutama bookmark-annya tuh (eheemm..)

**

Nah, itulah tadi 5 aplikasi paling saya rindukan saat hape utama / smartphone saya pingsan. Kalau kawan-kawan semua, top 5 aplikasinya apa ni? share juga donk… Hehe…

Semoga kita sama-sama tetap produktif ya sekalipun sedang dalam kondisi rada naas seperti ini. Bravo!

-end-

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

