Posted in jalan-jalan, periodic diary

One Day Bogor trip (4) : Kuliner Pangrango


Kota Bogor tak salah lagi identik dengan julukan kota hujan. Walaupun bukan daerah dengan intensitas hujan tertinggi di tanah air kita tercinta (tertinggi di Baturaden, Jawa Tengah) tapi ya saya setuju aja sih kalau predikat kita disematkan ke Bogor, bukan Baturaden. Sangat setuju. Loh, Why? Oke biar lebih menarik halah basa basi, saya pasang 3 alasan berikut:

Pertama, Baturaden itu merupakan “tempat wisata” bukan “kota” sebagaimana Bogor. Jadi kurang pas disebut “kota hujan”, bolehnya “tempat wisata hujan”. Karena sebutan terakhir juga ga enak didengar (terkesan wisata yang ditawarkan itu hujan-hujanan.. hehe) maka biarlah Baturaden dikenal sebagai objek wisata saja, “kota hujan” kita persembahkan untuk Bogor. Lanjut ke alasan kedua, sebagai penduduk Jakarta, setiap bencana alam paling akrab dengan ibukota (baca: banjir) terjadi, pasti nama kota Bogor tak kalah terasa gaungnya. “Lha wong di sini ga hujan kok bisa banjir, pasti Bogor hujan!”, “banjirnya ga pernah sebesar ini, pasti Jakarta dan Bogor sama-sama hujan!”. Nah kan, Bogor dengan hujannya itu populer banget di pusat negara, dikambinghitamkan walau sebenarnya ya salah orang Jakarta sendiri kalau daerahnya kena banjir (ya minim daerah resapan air lah, ya buang sampah sembarangan lah, ya ikut ngerusak lahan hijau Bogor buat bangun villa lah, banyak deh).

Sedangkan alasan ketiga, kali ini bersifat pribadi. Entah ya, kagak tau kenapa, walau jarang-jarang ke Bogor, tiap saya ke sana.. pasti hujan!! Di kunjungan sebelumnya, saya lebih banyak nebeng mobil jadi it’s okay lah mau hujan sederes apapun. Tapi karena saat dolan kali ini saya berjalan kaki, boleh donk ya sedikit berharap tidak turun hujan. Kali iniiii saja plisplisplis… Terkabulkah? Ngarev avaa.. Waktu baru sebentar berganti dari AM ke PM saat sang langit menaburkan titik-titik cintanya pada bumi. Hujan turun dengan deras. Haha.. well, this is Bogor.. Sang Kota Hujan🙂

++

Sudah setujukah teman-teman kalau berlibur ke Bogor itu harus banget menikmati hujannya?

Kalau sudah, saya mau merekomendasikan tempat berteduh dengan suasana paling menyenangkan di sana nih. Tempat berteduh itu tak lain tak bukan adalah tempat-tempat kuliner di Jalan Pangrango!

Bukan rahasia lagi kalau Jalan Pangrango di Kota Bogor penuh dengan tempat wisata kuliner dengan kelezatan level wahid. Bagaimana tidak, di jalan itu berjajar rumah makan berikut: Pizza Kayu Bakar Kedai Kita, Pia Apple Pie, Macaroni Panggang, Klappertart Huize.. Wew..

Sahabat saya yang ahli dalam masalah kuliner sudah mencanangkan ke Kedai Kita dan Pia Apple Pie yang letaknya berhadap-hadapan. Selain emang udah masyhur kelezatannya, biar ga ribet dan bisa segera melanjutkan perjalanan ke tempat menarik lainnya di Bogor. Okey deh, saya setuju aja (emang pengen ke situ juga sih.. hehe). Berteduh di Kedai Kita dulu, pesan Pizza Kayu Bakar, lalu ke seberang, beli apple pie.

Kedai Kita ini selalu ramai, teramat ramai bahkan. Harus siap untuk ga dapet meja. Tapi mengingat kelezatannya, worth it lah untuk waiting list bentar. Kami memesan menu pizza BBQ smoked chicken. Oya, sekedar info. Pizza di sini dibakar di tungku kayu bakar, ga heran disebutnya pizza kayu bakar. Emang ngaruh jadi lebih enak ya kalau pake kayu bakar? Entahlah, saya sih tinggal menunggu aja sambil menikmati hujan kota Bogor yang memberikan kesejukan, another refresh dari keletihan berkutat dengan kompleksnya ibukota.

Daaaannn.. here it comes

IMG01628-20130427-1447

Woow.. Toppingnya tebel banget. Semua penutup pizzanya tersaji dengan royalnya, baik keju maupun ayamnya. Nyaaammm abiiss….
Selepas menikmati satu slice pizza kayu bakar yang lezatnya keterlaluan tadi, hujan sudah berhenti dan saya pun melanjutkan ke seberang. Beli Apple Pie..

Pie apel di Pia Apple Pie ini adalah andalan kuliner kota Bogor yang kondang lho buat oleh-oleh. Rasa asem manis selai apelnya terbungkus dalam balutan pie yang renyah, meninggalkan kesan yang ngangenin (ciee..) dalam setiap gigitannya. Ada banyak pilihan bentuk dan kemasan pie apel, tapi biar makin cieee pesan yang ini saja ah… #cieciecie (apa deh.. hehe)

IMG01632-20130427-1905

cause you’re the apple to my pie.. you’re the straw to my berry..

Dengan tentengan pizza kayu bakar Kedai Kita dan pie apel Pia di tangan, maka selesailah sudah kuliner di Pangrango, jalanan surga kuliner di Bogor

++

Matahari sudah mulai condong ke barat saat kembali memijak boulevard stasiun Bogor. Selepas dari Pangrango, sebenarnya saya sudah meniatkan untuk membeli “oleh-oleh wajib dari Bogor” lainnya, yakni Roti Unyil Venus langsung di pusatnya. Namun dikarenakan kesalahan teknis (baca: salah rute angkot.. haha) dan komitmen pada waktu (harus udah sampai Jakarta lagi sebelum matahari terbenam), rencana itu pun batal sudah. Tahfafa, bisa lain kali..😀

Saat perjalanan pulang menuju Stasiun Bogor, sempat berhenti sebentar di depan gerbang Istana Bogor. Penuh oleh rusa nan cantik di sana. Seribu rupiah untuk membeli seikat wortel, dan kita bisa mendapat kebahagiaan mengasyikkan memberi makan kawanan rusa unyu. Wii..

Maka cukuplah sampai di sini perjalanan satu hari (one day trip) ke Kota Bogor yang sangat menyenangkan ini. Udara segar dapet. Kuliner lezat dapet. Refresh deh.. dan kita tutup dengan bacaan hamdalah bersama-sama. Alhamdulillah..🙂

**

Budget yang saya keluarkan selama part 4 (kuliner Pangrango)

  • Angkot ke Tamankencana (Pangrango) : 2000
  • Pizza kayu bakar BBQ Smoked Chicken : 57000
  • Love Pie Apple ukuran small : 31000
  • Angkot ke stasiun Bogor : 2000
  • Seikat wortel untuk makan rusa Istana Bogor : 1000

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

One thought on “One Day Bogor trip (4) : Kuliner Pangrango

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s