Posted in islami, jalan-jalan

Jejak Umroh: Masjid Quba dan Masjid Qiblatain


Mengunjungi kota seindah Madinah, selain ibadah dan ziarah utama di Masjid Nabawi, tak lengkap rasanya jika tidak melakukan city tour mengunjungi berbagai tempat penting dalam sejarah Islam. Ada masjid yang pertama dibangun oleh Rasulullah SAW (bukan Masjid Nabawi lho yang dibangun pertama..), ada masjid yang kiblatnya ada dua (waduh gimana sholatnya tuh), ada maqam besar tempat dimakamkannya sahabat agung Usman bin Affan RA dan ummul mukminun Aisyah RA (ga ada nisannya lho.. ga kaya Indonesia), perkebunan kurma, maupun gunung yang dicintai dan mencintai Madinah, Jabal Uhud.

Oke deh, kali ini mari kita bahas dua masjid unik yang kami kunjungi selama city tour setengah hari itu..

Masjid Quba

masjid quba

Masjid yang pertama banget didirikan oleh Rasulullah SAW. Terletak sekitar 5 km dari pusat kota Madinah. Rasulullah bersama sang first mate, Abu Bakar Ash-Shidiq, baru tiba di perkampungan Quba selepas menempuh perjalanan panjang hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Dalam waktu tinggal yang sebentar di desa nan hijau karena penuh kebun kurma itu sebelum melanjutkan ke Yasrib (Madinah Kota), Rasulullah memimpin langsung pembangunan masjid mulai dari peletakan batu pertama.

Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri.. (QS At-Taubah: 108).

Masjid nan sederhana kini telah bersolek dengan dibangunnya interior indah seperti ini :

interior masjid quba

Tapi kawan, bukan interiornya yang mesti kita ziarahi. Tapi tentang sejarahnya di mana masjid ini dulu dibangun dengan sumber daya yang sangat terbatas, tentang dasar pembangunan masjid pertama ini, tak lain tersebab taqwa.

Segera berwudhu dan tegakkan sholat sunah di dalam masjid pertama ini. Karena keutamaannya ga maen-maen bro. Simak hadits berikut:

Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah ( HR. Tirmizi no. 298. Ibnu Majah no. 1401)

Pahala seperti pahala umrah!
Well, kalau ke Madinah, sempetin ke Masjid Quba ya, untuk menziarahi sejarah Islam maupun meraih keutamaan besar. Asyiknya lagi, desa Quba itu sangat subur sampai sekarang. Banyak perkebunan kurma di sekitar masjid. Bisa liat ijo royo-royo lagi deh di tengah padang pasir..๐Ÿ˜€

**

Masjid Qiblatain

masjid qiblatain

Masjid unik selanjutnya adalah Masjid Qiblatain. Kali ini apa uniknya hayoo?

Bisa diterka dari namanya. Qiblatain = 2 kiblat. Yuph, masjid yang punya 2 kiblat? Ka’bah sama mana tuh? Terus bisa milih bebas gitu mau menghadap ke mana? Atau dijadwal, Subuh-Dhuhur-Ashar ke kiblat 1, Maghrib-Isya ke kiblat 2?

Ahaha.. Ga gitu juga kalii…

Maksud 2 kiblat di sini adalah pernah dalam 1 sholat, jamaahnya menghadap ke 2 kiblat.ย  Keunikan yang hanya terjadi satu kali waktu dan satu kali tempat sepanjang sejarah dunia. Jadi, pada awal perintah sholat (selepas Rasulullah ber-Isra Mi’raj) kiblatnya ke Baitul Maqdis (Masjidil Aqsa). Sekitar 17 bulan selepas Rasulullah berhijrah ke Madinah, turunlah ayat AlQuran yang memerintahkan berpindahnya kiblat ke Masjidil Haram (Ka’bah). Turunnya wahyu ayat tsb pas banget Rasulullah memimpin sholat di masjid satu ini. Di tengah-tengah sholat, Rasulullah “pindah haluan” dari arah Masjidil Aqsa (Palestina) ke arah Ka’bah (Mekkah). So, kejadian deh dalam 1 sholat menghadap 2 kiblat. Qiblatain

Mengenai kenapa kok dipindah kiblatnya, sudah jelas tertulis dalam AlQuran surat Al Baqoroh ayat 142-151. Bisa dibaca dan dipahami dengan seksama sehingga kita tidak ikut-ikutan seperti bangsa Yahudi, “ngapain sih pindah-pindah kiblat? kok ga konsisten sih? berarti yg dulu menghadap Baitul Maqdis amalannya ga sah donk?” Jangan sampai pliss,, udah tertulis jelas di kitab suci kok๐Ÿ™‚

**

Begitulah cerita dari 2 Masjid Q.. tunggu cerita berikutnya yaa..๐Ÿ˜‰

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

4 thoughts on “Jejak Umroh: Masjid Quba dan Masjid Qiblatain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s