Posted in belanda story, jalan-jalan

Menikmati Kereta di Belanda 3 : Dagkaart


Lanjut lagi postingan tentang kereta di Belanda. Bagi kantong mahasiswa, harga kereta di Belanda itu bisa dibilang mahal (walaupun harus diakui cukup sebanding sih dengan tingkat kenyamanannya). Sekali jalan naik kereta Leiden-Den Haag yang berjarak tempuh 15 menit saja, 3,4 euro (sekitar 50ribu rupiah). Mahal kaan?

Emang sih kalau bagi yang menetap di sini bisa dapat korting 40% (paket Dal Vordeel) ataupun voucher gratis kala weekend (paket Weekendvrij). Kedua paket itu akan saya bahas di postingan tersendiri, untuk sementara diinfokan sekilas bahwa keduanya punya kelemahan masing-masing. Korting 40% kalau mau menjangkau jarak jauh, tetap bakal bikin kantong mahasiswa (cem saya) berkabung dukacita. Sedangkan paket weekend, rekening kita otomatis terpotong 29 euro per bulannya (bakal untung kalau tiap weekend jalan-jalan, tapi kalau weekendnya cuaca galau dan banyak tugas begimane?)

Nah, ada solusi keliling Belanda yang lumayan murah buat traveller yang tipenya kurang lebih seperti ini:

  • Mahasiswa gemar menabung kantong cekak, budget tipis
  • Frekuensi jalan-jalan bulanan ga sering-sering amat
  • Tetep pengen refresh keliling Belanda dengan harga terjangkau
  • Alokasi waktu travelling ga banyak, atau emang terpaksa jadi limited gara-gara tugas kuliah nan bejibun
  • Lebih menikmati jalan-jalan sendiri atau dalam kelompok kecil, dengan sobat-sobat terdekat sehingga males menginisiasi NS Groupticket

Nama solusinya tak lain sesuai di judul: Dagkaart (arti : Tiket Harian). Jadi, ini tiket yang bisa digunakan untuk naik kereta ke mana aja di Belanda, asal dalam hari yang sama. Dagkaart dijual di toko-toko tertentu dan dalam jangka waktu tertentu juga, jadi mesti update info. Tapi buat mahasiswa, update info cem gini mah basic instinct, cepat tanggap pokoknya. Berikut penyedia dagkaart berdasar tren bulanan :

dagkaart schedule

Nah, model dagkaart tadi beda-beda tergantung versi toko/supermarket/agen penyedianya. Kurang lebih seperti ini deskripsinya:

1. Blokker Dal Vrij Dagkaart

Namanya dal vrij (free day), jadi bebas di semua hari (senin-minggu), asalkan di luar peak hours (jam sibuk Belanda itu hari senin-jumat jam 06.30-09.00 dan 16.00-18.30).

blokker dagkaart

Kisaran harga : 14.95 – 15.50 euro (dari histori yang sudah pernah saya temui, harga di masa datang ya tergantung merekanya😀 )

Periode berlaku : +- 2 bulan

Berlaku untuk : semua operator kereta (NS, Veolia, Connexxion, dll), bahkan bisa pula buat nyobain empuk dan kencengnya ICE atau NS International selama masih di Belanda (iya, kalau mau nyoba aja, walau baru naruh pantat belum sampai kentut, udah sampai tujuan zzz..), pun RET dan tram di dua kota besar nan caem (Rotterdam dan Den Haag)

2. Hema Dagkaart

Mirip Blokker untuk hari dan periode berlakunya. Yang membedakan mungkin dari sisi harga, yang ini lebih mahalan: 18.00 euro (bonus kopi dan cake siih..). Oya berlaku untuk semua operator kereta lokal, international kagak, RET dan tram juga not supported.

3. Albert Heijn (AH) Dagkaart

Hari, periode berlaku, serta operator kereta terkait mirip dengan Hema. Harga di kisaran 17.00 euro. Yang membedakan, ini bentuknya kertas kupon, mesti input online dan print e-ticket nya. Lebih ribet? Emang :v

4. Kruidvart Dal Weekend Dagkaart

Yang satu ini lumayan unik, karena dagkaart berlaku weekend (Sabtu/Minggu) only. Win-win solution yang diberikan yakni periode berlaku yang lebih lama, bisa 3-4 bulan. Menariknya, Kruidvart menawarkan dua opsi:

a) Trein Dagkaart

Bisa dipakai untuk seluruh operator kereta. Harga di kisaran 13 euro.

b) OV Dagkaart

Tiket all-in, berlaku untuk seluruh operator kereta, tram, metro maupun bus!! Harga di sekitar 16.5 euro.

**

Sementara baru dagkaart dari empat toko itu ya yang bisa saya jabarkan, maklum masi newbie di sini, baru menjumpai empat tipe itu.. hehehe..

Secara umum, tips memakai dagkaart mencakup hal berikut :

  • Mulai gunakan sepagi mungkin dan pulang semalam mungkin, ga mau rugi kaan
  • Jangan lupa tap in di gate machine yang udah disediakan (keliatan jelas kok di semua stasiun), menghindari denda 25 euro kalau lupa atau ‘sengaja lupa’ tap in.. *sekarang modelnya udah electronic semua, ga perlu stamp lagi*
  • Siapkan itinerary kota tujuan.. kalau mau liat tempat menarik di berbagai kota, most likely ga bisa terjangkau dalam 1 hari sih. Pilih mau explore Belanda utara, tengah, atau selatan (saya akan cerita di postingan lain)
  • Bawa bekal dari rumah akan lebih baik, siapa tau laper di perjalanan
  • Kalau periode berlaku tinggal 2 minggu dari expired dan kita ga punya waktu luang lagi buat travelling, siap-siap jual itu dagkaart. Biasanya kejual kok, banyak yang mau, asal ga mepet waktu kadaluarsa aja.

kereta dagkaart

Okee, sampai sini dulu ya. Ntar disambung lagi dengan postingan opsi kota-kota untuk di-explore dengan Dagkaart.

Happy travelling!!😉

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s