Posted in periodic diary

Lack of Blood


Ini kelanjutan dari cerita saya vs kolesterol yang saya tulis bulan lalu. Berhubung saya orangnya kelewat waswas terhadap hal-hal yang berpotensi membahayakan (baca: kolesterol), ga cuma pola hidup dan pola makan yang berusaha diubah, tapi juga beli alat untuk memonitor kesehatan.

Niatnya sih bikin Baymax (robot personal health companion superkeren di film Big Hero 6) tapi apa daya ilmu elektro masih cupu nian, uneducated di bidang medis pula. Yowis, realistis. Beli alat sederhana untuk mengecek gula darah – kolesterol – asam urat, tiga komponen yang mesti diperhatikan dan ditekan agar normal. Kalau sampai berlebih bisa membahayakan kesehatan soalnya, bisa menurun ke anak pula! Ga enak banget kan kalo mewariskan hal buruk pada anak (aduh visioner banget saya ya, istri aja belom punya, udah mikir anakšŸ˜€ )

Alat multifungsi tersebut saya beli di Pasar Pramuka, Jakarta. Konon harga alat-alat medis dan obat-obatan di sana lumayan miring, apalagi kalau dibanding harga di kota asal saya. Terbukti sih, masih cukup terjangkau oleh kantong seorang pengangguran seperti saya.

Nah, singkat cerita saya udah balik di Negeri Kincir dan setelah sekitar 3 minggu udah penasaran untuk cek kolesterol lagi (olahraga mulai rutin soalnya, jadi udah lumayan yakin kolesterol level ampas kemarin udah menurun). Yak, saatnya mencoba alat dan kita lihat hasilnya *excited*

Chip untuk cek kolesterol sudah terpasang di sang alat. Prosedur berikutnya adalah ambil daraaah.. Hohoho…

Bagi teman-teman yang pernah donor darah atau sekedar cek golongan darah, pasti udah ga asing dengan puncturer (lancing device). Itu loh, alat pelubang yang ditusukkan ke ujung jari kita biar keluar darah. Darahnya itu yang bakal jadi sampel tes. Dengan skala 1-5, besar lubang bisa diatur. Untuk kulit yang kasar dan minim sentuhan kehalusan cem saya, tentu butuh skala terbesar, 5. Hahaha..

Alcohol swab dioles ke jari biar steril (maklum jari suka kotor biasa buat ngemil #eh). Berikutnyaa.. cetek! Pelubang mulai difungsikan. Tapi. Kok.

Ga keluar darah sama sekali ya. Hmmm…..

Oke mungkin jari telunjuk habis buat tahiyat akhir, masih suci (teori dari mana ini). Kita coba jari berikutnya, jari tengah. Cetek!

Nihil. Tiada darah menetes.

Baiklah, korban berikutnya. Jari manis, semoga semanis namanya. Mau nurut. Cetek!

Merah! Tapi supertipis di sidik jari doang, ngarep apa netes. Siaal.. Cuma merona merah malu-malu gini jari manisnya. Hufff..

Korban keempat, kelingking. Ayo nak, keluarin darah ya.. Cetek!

Si jari paling kecil ga bereaksi apapun. Saya mulai cemas. What happened here?

Harapan berikutnya, si emak ibu jari. Cetek! Jeng jeng jeng…

Zonk. Sami mawon. Iki piyeee….

Lima jari sudah dan nyaris nihil darah yang keluar. Pelubangnya udah di skala paling besar. Prosedur ambil darah pun sepertinya udah benar. Kenapa ya?

Saya jadi ingat masa SMA waktu donor dulu, ada teman saya yang ga keluar darah juga dan disuspect darah rendah. Apa saya darah rendah? Ah engga ah, tensi selalu normal kok. Kalaupun rada ga normal, itu lebih dekat ke darah tinggi (dan masi di range normal).

Oke attempt lagi, bismillah. Di ronde berikutnya (emang tinju) darah saya mulai ada yang mengalir. Tapi dikit banget, ga memenuhi syarat minimal agar alatnya bisa baca. Jadinya si chip malah error. Mesti ganti chip baru. Fufufu…

20150921132405

Makin desperate. Jadi kebayang beberapa kemungkinan :

  1. Kayaknya emang mesti ada orang lain yang bantuin, bisa jadi kalau diri sendiri kurang “tega” ngelubanginnya
  2. Kayaknya mesti minta doa restu orang tua biar berhasil (oke ini lebay)
  3. Kayaknya saya terlalu terbiasa tegar menghadapi cobaan hidup, sampai darah pun tak mau mengalir saat raga ini dilukai (ini apa sih)

Oke harus segera ke attempt berikutnya biar ga makin geje. Ctek Ctek Ctek Ctek! Ctek Ctek Ctek! *kok brutal*

Yeay.. akhirnya ada juga darah yang ngaliiir… :3

Emang mesti dikasarin ini jari. Hahaha. Okedeh masukkan darah di chip kolesterol. Tunggu sekitar 20an detik sampai angka hasilnya keluar.

Bip!

20150921132355

Whaat!! Itu super rendah!!

Tapi kok dalam hitungan minggu kolesterol dari 262 ke 121.. itu drastisnya impossible.. Atau alatnya??

Ah ya wis lah, whatever.

Kayaknya kolesterol emang ga buat diliat2 angkanya (bikin geje), cukup harus diusahakan untuk berkurang aja. Demikian.

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

