Seminggu yang lalu, Indonesia heboh dengan pertandingan catur yang digelar antara pecatur wanita terbaik tanah air, WGM Irene Sukandar melawan pak Dadang Subur (DewaKipas) yang viral karena alasan yang cukup kontroversial dan kurang etis. Walaupun stream di hari senin, jam sibuk-sibuknya kantor, tetap jutaan yang nonton live di Youtube Deddy Corbuzier.. saking viralnya.

Nah, yang ingin saya garisbawahi justru momen podcast om Deddy Corbuzier setelah itu. Ada satu kalimat nyletuk yang menarik perhatian saat Deddy penasaran bagaimana atlet catur membalance “game” dan “ilmu”. Dalam artian begini, pecatur pas masa kecil mulai main catur pasti rasanya menyenangkan, seperti “game”, menang kalah pun pasti bisa diambil asiknya. Lama-lama, untuk jadi atlet maka di-drill banyak sekali varian langkah-langkah dan memori pertandingan, sehingga ini udah di ranah “ilmu” yang seringkali stressful.

Hmmm.. iya juga ya…

Rasa seru seringnya cuma kita rasakan di awal. Selepasnya, dengan ratusan jam mendalami hal yang spesifik, tentu bukan seru lagi yang dirasakan, bahkan cenderung menjemukan.

Tapi ternyata, orang yang sukses seringkali punya mindset yang bagus dalam membalance antara rasa seru & rasa stress.

Magnus Carlsen, juara dunia catur dan mungkin pecatur terbaik sepanjang sejarah, masih terlihat happy bermain-main dengan varian gerakan yang selow sekalipun dia sangat bisa memilih gerakan paling akurat.

Roger Federer, juara tenis dan mungkin petenis terbaik sepanjang sejarah, bilang bahwa ia masih menikmati memukul-mukul bola tenis lawan dinding garasinya.

Kelihatan silly, tapi mungkin itulah kunci suksesnya ya.

Se-stress apapun latihan atau belajar mencari ilmu, kita mesti tetap menemukan fun part, hal menyenangkan yang membuat kita terus bertahan.

Karena dalam senyum dan antusiasme, terdapat rasa syukur dan keinginan untuk maju.

Bekasi, 28 Maret 2021

Note: Ditulis sebagai tulisan kesembilan untuk belajar ikhlas dan berpikir positif. Untuk Ibunda tercinta.

Satu pemikiran pada “Fun Part

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s