Ikutan Earth Hour 2014

Gimana rasanya kalau kita baru asik-asiknya bermalam minggu ria, entah nonton TV bareng keluarga, kulineran, hangout bareng sobat, atau apel ke rumah pacar kayak ente punya aja  terus tiba-tiba disuruh madamin lampu selama 1 jam lamanya?

Lampu? Ya, lampu. Stop penerangan. Gelap-gelapan

Sejam? Iya, cukup sejam doang di waktu primetime, 20.30-21.30. Sejam doang kok

Doang? Helloo.. yang bener aja, ini primetime malam minggu!

Sebagian (besar) orang, mematikan lampu 1 jam saja di Sabtu malam.. adalah disaster

**

Benar. Saya sedang membuka topik mengenai Earth Hour. Malam ini aksi massal untuk rame-rame memadamkan lampu secara massal dari jam 20.30-21.30 akan kembali dilakukan. Jakarta, kota domisili saya, akan bergabung bersama lebih dari 7000 kota di berbagai negara di seantero bumi untuk hal satu ini.

Penampakan kurang lebih bakal kayak gini :

jakarta earth hour

Earth Hour ini menarik. Tak lain karena sifatnya yang mengajak untuk PEDULI. Bahwa udah begitu besar konsumsi listrik kita, dengan banyak di antaranya nyala untuk hal yang kurang produktif, tanpa sedikit pun upaya untuk menghemat. Juga buat masyarakat sadar tentang polusi cahaya di sekitar. Udah susah loh liat indahnya bintang di langit malam. Ini karena intensitas cahaya yang dipancarkan oleh alat elektronik buatan manusia (terutama industri) yang udah keterlaluan kuantitasnya.

PEDULI kalo kita semua, sadar atau ga sadar, udah bikin bumi ini udah makin ga sehat aja.

Earth Hour ini sendiri sifatnya ANJURAN. Tenang buat yang baru bermalam mingguan ria, aksi ini ga melobby PLN untuk serta merta mematikan listrik secara total di suatu daerah kok. Baca Selengkapnya