Posted in embun

Sertijab Kakak Kelas


Sabtu, 2 Oktober 2010, ini di ibukota sana berlangsunglah acara serah terima jabatan (sertijab). Bangsa Indonesia seharusnya tahu sertijab apa itu, karena posisi jabatan itu salah satu yang paling vital di tanah air. Tapi mungkin perhatian bangsa cukup teralihkan dengan musibah tadi pagi, tabrakan antara Kereta Api Argo Bromo Anggrek dengan Senja Utama di stasiun Petarukan, Pemalang (astaghfirullahal ‘adziim.. semoga bangsa yang besar ini bisa mengambil banyak hikmah dari tragedi itu).

Hari ini adalah sertijab Panglima TNI. Yup, posisi yang sangat penting bukan? Tentu saja. Komandan utama pertahanan bangsa gitu. Dan hal yang membuat saya mengikuti perkembangan berita ini adalah karena yang menyerahkan posisi jabatan itu adalah kakak kelas saya di SMAN 1 Solo tercinta, Jendral Djoko Santoso. Tentu saja kakak kelas dengan selisih beberapa dasawarsa. Tapi masih ada keterikatan dalam bentuk Kasmadji (Keluarga Alumni SMA Sidji). Pak Djoko Santoso menyerahkan jabatannya kepada Laksamana Agus Suhartono yang sebelumnya menjabat sebagai KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut), di mana beliau (Pak Djoko) menuju masa pensiun.

“Saya akan meneruskan apa yang dirinci oleh beliau, dan apa yang telah dibangun oleh beliau, sehingga visi TNI untuk membangun pertahanan yang tangguh dapat terwujud,” begitu kata Pak Agus Suhartono seusai upacara di Mabes TNI. Well, selamat melanjutkan perjuangan, Pak. Semoga dapat memegang amanah dengan baik. Sejujurnya saya merasa keputusan memilih Pak Agus cukup tepat, karena kedaulatan bangsa yang ‘sedikit tercoreng’ baru-baru ini berasal dari kasus lautan (nelayan-M*l*ys*a), yang mana Pak Agus mempunyai pengetahuan yang cukup besar untuk mengatasi hal-hal berbau maritim.

Kembali ke Pak Djoko Santoso, terima kasih atas pengabdian sebagai Panglima TNI selama 3 tahun ini. Terima kasih sudah memberi contoh bahwa dari tempat mimpi itu berawal (SMAN 1 Solo), kesuksesan dan jabatan bisa diraih. Lebih dari itu, dengan kebersahajaan dan kedisiplinan, kita bisa membangun bangsa menjadi lebih baik.

*dan harus terus jadi lebih baik..

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s