Diposkan pada embun, islami

Mengaji Ba’da Maghrib


Memiliki kebiasaan baik itu sangat menyenangkan. Walau terkadang kebiasaan yang baik dalam aktivitas harian justru kalah kuantitasnya dengan kebiasaan buruk. Nah, sambil koreksi kebiasaan masing-masing, saya mau menceritakan satu kebiasaan baik yang mungkin bisa sama-sama dibudayakan.

Kebiasaan itu tak lain membaca Al-Qur’an (mengaji) ba’da maghrib

Membaca Al-Qu’ran tentu saja memiliki banyak sekali keutamaan mengingat Al-Qur’an adalah petunjuk hidup manusia di dunia nan fana ini. Mengenai waktu membacanya, kapanpun takkan mengurangi keutamaan. Nah, kalau saya menyebutkan kebiasaan ba’da Maghrib, itu karena di waktu itulah saya selalu dibiasakan oleh Ibu saya. Kebiasaan yang sudah dimulai sejak kecil, atau mungkin juga sejak dalam kandungan Ibu.

Berikut ayat yang mengandung salah satu keutamaan mambaca Al-Qur’an (mengaji) :

Nah, tertulis jelas di situ bahwa Al-Qur’an sebagai PENJELAS, PETUNJUK, RAHMAT dan KABAR GEMBIRA sekaligus. Menarik sekali bukan?

Berhubungan dengan waktu Maghrib, waktu ini merupakan transisi dari waktu ada dan tidaknya matahari. Waktu ini menjadi krusial karena selepas Maghrib sampai kita terlelap tidur merupakan waktu yang sangat potensial untuk melakukan hal produktif (utamanya belajar). Mengaji di saat ini bakal merefresh pikiran dan keletihan, plus tambahan luar biasa tadi: Penjelas, Petunjuk, Rahmat, Kabar Gembira, sehingga kita bisa menikmati belajar kita. Tentunya dengan bismillah, atas nama Allah.. 🙂

So, ba’da Maghrib adalah waktu yang sangat recommended untuk kebiasaan baik membaca Al-Qur’an. Then, why not? yuk sama-sama dibiasakan..

 

Iklan

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Satu tanggapan untuk “Mengaji Ba’da Maghrib

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s