Diposkan pada embun

Hal-Hal Penting dalam Menyusun Resolusi Tahun Baru


Tahun 2012 baru saja datang. Sudah menjadi hal lumrah, kali ini positif, banyak orang menyusun resolusi, hal atau komitmen yang ingin diwujudkan di tahun ini. Bagaimana dengan Anda, kawan? Sudahkah menyusun resolusi juga?

Kalau Anda berpendapat bahwa resolusi adalah komitmen yang harus direncanakan dan dijalani setiap harinya, tidak harus menunggu momen tahun baru, that’s good! Tinggal bagaimana Anda memenuhi targetan resolusi tersebut. Tapi bagi yang tidak biasa bikin dan sampai hari ini belum punya bayangan bagaimana menghadapi waktu setahun yang akan datang, ada baiknya mengambil hikmah dari momen tahun baru. Setidaknya dengan begitu banyaknya orang yang bikin resolusi, yang sebelumnya ga bikin dan membiarkan hidup mengalir apa adanya, jadi termotivasi untuk ikut bikin. Toh resolusi itu ga ada rugi-ruginya, fren! Kita malah bisa punya pegangan dan arah yang jelas dalam menatap masa depan. Dan dengan sentuhan keuletan, kita bakal bisa menggapai apa yang paling kita inginkan setiap dimulainya tahun: Be the better of us.

Lalu hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam menyusun resolusi tahun baru? Berikut opini saya, beberapa poin penting yang mestinya masuk dalam daftar resolusi:

1. Ibadah

Tak salah lagi, hubungan dengan Sang Pencipta adalah hal pertama yang mesti kita pikirkan. Coz segigih apapun kita berusaha jadi lebih baik ntar, tapi hablum minallah yang bagus maka kita pasti takkan menemui pemaknaan hidup yang menentramkan, yang dekat dengan kebahagiaan sejati.

Salah satu cara terbaik dalam mengukur kedekatan kita dengan Allah SWT adalah mengukur kenikmatan kita dalam beribadah. Kalau kita jauh dari Allah SWT, perubahan paling mencolok bukan harta atau tahta kita lho. Karena Allah SWT Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Beliau masih memberi kita nikmat tersebut, sebagaimana orang yang kafir masih mendapat rezeki dari-Nya. Nah perubahan yang mesti kita perhatikan adalah kenikmatan kita dalam beribadah.  Kalau kita merasa ibadah kita hanya berlalu seperti sekedar rutinitas saja (asal melakukan tapi tidak “mendirikan”, punya kesempatan mengerjakan tepat waktu tapi tidak disegerakan), hati-hati! Saat inilah cenderung jauh dari Allah SWT. Alarm nyaring pastinya karena bukan tidak mungkin tahun yang akan kita hadapi menjadi hampa karena tak segera mendekatkan diri lagi pada-Nya.

Ada beberapa agenda yang bisa direncanakan rutin dalam setahun untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Salah satu di antaranya: menghafal Al-Qur’an. Karena baru mulai, pelan-pelan dulu tak masalah. Targetkan setahun hafal minimal 1 juz. Rata-rata 1 juz terdiri dari 20 halaman Al-Qur’an (terbitan percetakan Indonesia), masing-masing halaman ada 15 baris. Rutinkan dengan 1 hari hafal 1 baris (untuk lebih mudah, coba baca dan maknai artinya), 300 hari cukup untuk menghafal 1 juz. Masih ada 65 hari untuk mengecek dan mempermanenkan hafalan tuh. Exciting bukan?

Selain mengisi dengan hafalan Al-Qur’an, ada banyak langkah lain sebagai resolusi ibadah, seperti: memperbanyak shodaqoh, memperbanyak sholat lail, merutinkan puasa Senin-Kamis, memberi kemanfaatan bagi orang lain, dan banyak lagi. Selamat meningkatkan ibadah! 🙂

2. Karier

Selanjutnya beralih ke aktualisasi diri berhubungan dengan karier. Sudahkah Anda memanfaatkan keahlian secara maksimal untuk mengembangkan karier? Kalau belum, saatnya menggali lagi lebih dalam potensi yang kita miliki. Setiap orang adalah unik, punya kelebihan masing-masing, dan tentu punya kesempatan untuk terus mengembangkan kelebihan itu. Setelah mengembangkan kelebihan ada di daftar resolusi, saatnya untuk cek manajemen karier.

Bagi yang sedang bekerja di perusahaan atau instansi tertentu, luangkan sejenak untuk memikirkan prestasi/achievement yang bisa dilakukan selama 1 tahun ke depan. Bagi para wirausaha, pikirkan berapa target penjualan atau pengembangan usaha dalam 1 tahun ke depan. Bagi yang “status karier”nya masih pelajar, pikirkan skill (hardskill maupun softskill) apa yang bisa dikembangkan dalam 1 tahun ke depan karena apa yang diusahakan sekarang akan turut menentukan pula jenjang karier di masa depan.

3. Kesehatan

Nah hal inilah yang acapkali terlupakan saat mengejar targetan-targetan diri. Oke, memacu diri untuk terus bekerja sekeras mungkin memang tak ada salahnya. Tapi untuk tahun ini, coba miliki control yang lebih baik terhadap kesehatan. Karena bagaimanapun, kesehatan adalah salah satu nikmat paling berharga dan akan membantu kita lebih kuat dalam menghadapi rintangan silih berganti demi tercapainya target kita.

Resolusi yang bisa diagendakan terkait kesehatan adalah membuat olahraga sebagai kebiasaan rutin. Jogging adalah alternatif terbaik. Karena selain bisa dilakukan setiap hari tanpa biaya, aktivitas fisik ini bisa bikin tubuh fresh and healthy. 30 menit selepas sholat Subuh kiranya tak kan mengganggu aktivitas kita di pagi hari. Selain jogging, olahraga teratur yang baik dijaga secara berkesinambungan adalah fitness. Selain membentuk badan yang ideal, fitness dapat memacu kita ke tingkat kebugaran yang bagus. Olahraga lain? Tentu tak kalah bagusnya, selama kita menjalaninya dengan komitmen dan hati yang riang. Insya Allah kesehatan bakal terjaga.

Resolusi lain adalah membuat agenda check-up kesehatan. Saat tubuh kita terasa fit 100% pun, tak ada salahnya memeriksa kesehatan. Terhadap resiko penyakit kronis yang tak diharapkan, mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Oya, di saat sehat sempatkan pula untuk donor darah. Selain punya manfaat terhadap tubuh kita, tetes darah yang kita donorkan juga punya kemanfaatan yang besar untuk orang lain. Dengan batas 3 bulan sekali, tentu agenda ini tak memberatkan.

Banyak agenda terkait dengan kesehatan. Yang jelas, sesibuk apapun Anda, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan! Mensana in corpore sano..

4. Silaturahmi

Berikutnya, resolusi terkait dengan hablum minannas yaitu silaturahmi. Hubungan terdekat kita tentu diawali dari keluarga terlebih dahulu. Sudahkah kita punya waktu yang cukup untuk keluarga? Kalau masalah pekerjaan menyibukkan Anda sehingga jarang bertemu keluarga, jadikan semangat untuk membanggakan keluarga berada di list resolusi. Mengagendakan memberi hadiah kejutan untuk keluarga kita, agenda berlibur bersama, usaha mendapat prestasi sehingga membanggakan orang tua, dan banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk keluarga. Karena seberat apapun masalah yang kita hadapi, keluargalah yang nantinya akan jadi jalan bersandar kita selain Allah SWT. So, ciptakan suasana keluarga yang lebih baik di tahun ini, keluarga bahagia sejahtera!

Silaturahmi berikutnya kepada sahabat, teman main, rekan kerja, dan orang lain di sekitar kita. Mereka sudah sangat membantu dalam tahun-tahun yang kita hadapi kan? Pastikan silaturahmi dengan mereka tetap terjaga dengan baik, karena mereka yang akan menyokong masa depan kita dengan persentase yang tidak mungkin sedikit. Sebaliknya, siapkan juga agenda seru dan semangat membantu mereka sebagai salah satu basis kenapa kita harus jadi lebih baik tahun ini. Untuk memulainya dari sekarang, coba deh lihat daftar di kontak handphone dan email Anda. Banyak kontak tapi hanya sedikit saja Anda berkomunikasi? Nah, beli pulsa paket sms (kan murah tuh), lalu “ say Hi” ke semua yang ada di kontak itu. Percayalah, sapaan singkat itu akan membantu membuat silaturahmi kita menjadi lebih rekat. Selanjutnya tinggal ngobrol seriang hati, dan kita akan mendapati banyak ide dan kebahagiaan memancar dari situ.

Resolusi lain setelah menjaga silaturahmi yang sudah ada, tentu memperbanyak silaturahmi. Agendakan punya lebih banyak teman/ networking tahun ini. Punya banyak teman itu menyenangkan, bukan? Maka kita bisa coba lebih supel dan terbuka. Lalu coba juga kegiatan yang sedang tren sekarang yakni backpacking. Travelling hemat plus mendapat teman baru di daerah yang baru kita singgahi akan menawarkan pengalaman yang sulit dilupakan. Tak ada salahnya juga kita memperdalam bahasa, karena semakin lihai dan semakin banyak bahasa yang kita kuasai, kita bisa membuka diri dalam pergaulan yang jauh lebih luas. Belajar beragam bahasa daerah di Indonesia, kita akan lebih kagum betapa beragam dan indahnya Indonesia. Belajar beragam bahasa internasional, kita akan terbuka terhadap pergaulan global. Pergaulan di tingkat ini akan mengajarkan kita terhadap pola pikir yang lebih luas dan proaktif. Jadi, agendakan untuk punya banyak teman baru dan menguasai bahasa juga ya!

Well, itulah 4 hal penting yang menurut saya perlu ada dalam resolusi kita di tahun ini. Yang terpenting dari semua itu, adalah semangat untuk MENDISIPLINKAN DIRI sehingga kita terbiasa bekerja keras dan punya kebiasaan positif menuju pencapaian resolusi kita. Resolusi dibuat untuk diraih, bukan untuk dikecewakan di kemudian hari..

Semangat untuk JADI LEBIH BAIK!! Yeah..!!

Iklan

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s