Diposkan pada sports

Piala Dunia, Siapa Jago Anda?


Piala Dunia 2010 sudah dimulai. Pesta akbar 4 tahunan yang kali ini digelar di Afrika Selatan menghadirkan euforia yang luar biasa. Sebagai tontonan dengan pemirsa puluhan miliar (total 26,29 miliar pasang mata saat Piala Dunia 2006 Germany), antusiasme karena ajang itu memang besar. Terlebih dengan publikasi di berbagai media yang sangat gencar. Tak salah jika Piala Dunia mendapat sebutan The Greatest Show on Earth.

Pertanyaan yang sering terdengar: Siapakah jagoan Anda?

Apakah negara paling adidaya di sepakbola, Brazil? Negeri Samba memang selalu jadi favorit banyak kalangan. Untuk Piala Dunia yang digelar di benua Afrika ini, Anda yang menjagokan Brazil bisa memegang “teori lintas benua”. Yakni fakta bahwa sampai saat ini hanya Brazil-lah yang pernah memenangi Piala Dunia saat digelar di negara yang bukan ‘tetangga benua’nya. Tercatat Brazil pernah juara di benua Amerika, Eropa, dan Asia. Tapi harus jadi catatan pula, Brazil datang dengan performa bintang utamanya, Kaka, yang sedang menurun drastis.

Apakah anda menjagokan Spanyol? Juara Eropa 2008 ini banyak dijagokan karena punya permainan yang paling memikat untuk saat ini. Bisa dibilang, Spanyol baru diisi oleh generasi emasnya. Matador baru saja menghapus ‘hanya jago kualifikasi’ di Euro 2008 kemarin. Tapi, Piala Dunia tentu lebih sulit dari Euro. Mental juara Spanyol masih perlu pembuktian.

Atau anda masih suka dengan juara bertahan Italia? Azzuri datang bersama pelatih genius yang membawanya juara dalam Piala Dunia kemarin, Marcelo Lippi. Mentalitas Italia sudah cukup teruji. Tapi skuad yang dibawa banyak yang sudah tua, kurang meyakinkan dan menghadapi masalah pelik saat Andrea Pirlo, sang otak permainan, cedera dan masih menunggu benar-benar fit.

Bagaimana dengan tim Panser Jerman? Jerman bakal tampil tanpa kaptennya, Michael Ballack. Akan tetapi pemain muda yang dibawa punya skill menjanjikan dan di bawah asuhan Joachim Loew, sepertinya keidentikan Panser dengan ‘lambat panas’ bakal terhapus. Mental turnamen Jerman oke kalau menurut catatan sejarah, tapi pengaruh ketidakberadaan Ballack patut dicermati.

Anda fans tim tango Argentina? Dengan komando sang legenda hidup Maradona dan pemain terbaik dunia Lionel Messi, agak mengejutkan jika Tango datang sebagai peringkat 4 kualifikasi zona Amerika Selatan. Itulah kelemahan utama tim, labil. Hujan kritik datang dari mana-mana. Tapi mengingat Brazil saat juara 2002 pun dihujani kritik karena hanya menduduki peringkat 4 kualifikasi (sama dengan Argentina saat ini) dan Italia saat juara 2006 juga (calciopoli), Argentina berpeluang membungkam kritik dengan menjadi kampiun dunia.

Lalu, anda yang menjagokan Belanda dan Inggris? Untuk tim oranye Belanda, inilah saatnya menunjukkan pada dunia mereka tidak sekedar bagus di awal tapi mlempem di akhir. Seperti Spanyol, skuad saat ini bisa dibilang generasi emas. Menarik ditunggu kiprah Oranje di fase knock out, mengingat di fase grup mereka hampir pasti lolos. Untuk timnas Inggris, skill oke ditambah kedisiplinan bawaan Fabio Capello mewajibkan tim ini untuk minimal sampai semifinal. Ada dua poin minus Inggris, yakni cedera beruntun dua kapten (Beckham, lalu Rio Ferdinand) dan ketiadaan kiper yang mumpuni dalam skuad.

Di luar tim yang secara historis hampir selalu masuk daftar unggulan utama di atas, negara manakah jago Anda?

Tim-tim benua tuan rumah yang diwakili Afsel, Nigeria, Ghana, Kamerun, Pantai Gading dan Aljazair? Atau kekuatan baru dari benua Asia yang berwakilkan Jepang, Korsel, Korut dan ‘penyelusup’ Australia?

Manapun jagoan Anda, mari bersama kita nikmati suguhan akbar Piala Dunia 2010. The Greatest Show on Earth

Iklan

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

Satu tanggapan untuk “Piala Dunia, Siapa Jago Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s