Posted in sports

Perempatfinal Piala Dunia 2010


Tak terasa gelaran Piala Dunia 2010 sudah mencapai perempatfinal. Bagaimana nasib negara jagoan Anda? Masih lolos? Atau sudah tersingkir? Yang pasti lanjutan Piala Dunia, dengan atau tanpa jagoan Anda, akan tetap menarik..

Untuk sementara pertandingan akan rehat dulu, lanjut lagi Jum’at malam pukul 21.00 WIB. Nah, inilah preview perempatfinal yang akan segera digelar

Brazil vs Belanda (Jum’at 2 Juli 21.00)

Negara bintang lima Brazil terus melaju. Seperti yang pernah saya tulis, tim Samba (julukan Brazil) tampil semakin garang jika kondisi tim tidak overconfidence. Penampilan waspada Brazil, walau sedikit mengurangi intensitas jogo bonito, berhasil menghempaskan sesama negara Latin, Chile, dengan skor telak 3-0. Brazil bakal bertemu dengan tim yang juga identik dengan permainan indah tapi kini sedikit bermain pragmatis juga, yakni tim oranje Belanda. Belanda lolos dengan mengalahkan tim kejutan, Slovakia, dengan skor 2-1.

Untuk pertandingan ke depan, Brazil dilanda kegundahan karena kartu kuning yang diterima Kaka. Entah skandal atau bukan, kartu kuning seolah terlalu mudah diberikan kepada si tampan yang terkenal santun dan sportif itu. Jika Kaka kena kartu kuning lagi, tentu bakal jadi kerugian besar karena bakal misses next match. Sedangkan Belanda, keresahan yang muncul adalah dari sang ujung tombak, Robin van Persie, di mana ia terlihat amat kecewa terus diganti sebelum pertandingan usai.

Pendapat saya sendiri, laga ini bakal dimenangi Brazil dengan skor ketat. Secara teknis kedua tim berimbang, tapi dari segi mental juara Brazil masih unggul. Dalam pertemuan terakhir di PD (semifinal PD 1998), Brazil menang adu penalti berkat kepahlawanan kiper Taffarel. Menarik ditunggu apakah laga bakal berlangsung sampai adu penalti, atau 90 menit laga sudah cukup untuk salah satu tim mengalahkan.Menurut Anda?

Uruguay vs Ghana (Sabtu 3 Juli 01.30)

Juara dunia dua kali, Uruguay, melaju ke perempatfinal berkat kemenangan 2-1 atas Korsel, hasil 2 gol cantik Luis Suarez. Inilah kali pertama mereka kembali ke perempatfinal setelah terakhir di PD 1990. Uniknya, mereka melakukannya setelah kembali dilatih sang pelatih PD 1990, Oscar Tabarez. Sedangkan lawannya nanti adalah tim Afrika terakhir yang masih bertahan, Ghana, yang menang 2-1 atas AS lewat perpanjangan waktu di perdelapanfinal.

Uruguay dalam form yang oke, terlebih lini pertahanan yang sangat solid (baru kebobolan 1 gol) dan duet Forlan-Suarez yang makin oke. Sedangkan Ghana bakal mendapat suntikan moral ekstra karena seluruh Afrika mengharapkan kejayaan mereka demi kebanggaan benua hitam.

Menurut pendapat saya, Ghana bakal melaju ke semifinal walaupun harus melalui laga alot. Dukungan ekstra Afrika menjadi faktor penting. Lebih dari itu, saya memang mengharap ada satu wakil benua penyelenggara di semifinal agar lebih rame, tidak melulu dikuasai Amerika Latin, dan sebagai tanda kebangkitan Afrika (setelah Asia menunjukkan taring di PD2002) yang artinya akan semakin membuat menarik Piala Dunia selanjutnya. Anda berbeda pendapat dengan saya?

Jerman vs Argentina (Sabtu 3 Juli 21.00)

Jerman lolos dengan meyakinkan atas sesama favorit juara, Inggris, 4-1. Walaupun diwarnai kontroversi tidak disahkannya gol frank Lampard, tapi dari segi permainan Panser memang menang mutlak dari The Three Lions. Di perempatfinal, Panser bakal menemui duel sengit dengan sesama favorit juara yang lain, Argentina. Tim Tango lolos dengan kemenangan 3-1 atas Meksiko, diwarnai satu gol kontroversial dan satu gol indah dari Carlos Tevez.

Tim muda Panser (usia rataannya termuda setelah Ghana) tampil sangat menjanjikan sejauh ini, dimotori oleh Thomas Mueller dan si muslim imigran dari Turki, Mesut Ozil. Permainan yang makin nyetel membuat Tango harus ekstra waspada. Yang akan menjadi kunci utama Tango tentu saja pemain terbaik dunia Lionel Messi. Walaupun sejauh ini belum mencetak gol, Messidona selalu mengobrak-abrik petahanan lawan dan menjadi sumbu gol tim.

Saya bingung memprediksi hasil laga ini. Di satu sisi Jerman lebih menggebrak dan stabil (antara serangan dan pertahanan). Tapi di timnas Argentina ada Messi, yang sentuhannya begitu memukau dunia. Well, prediksi saya adalah laga berakhir dengan adu penalti. Terserah siapa yang menang, selamat melaju ke semifinal! Bagaimana prediksi Anda?

Spanyol vs Paraguay (Ahad 4 Juli 01.30)

Juara Eropa Spanyol melaju mulus ke perempatfinal dengan kemenganan 1-0 atas tetangga semenanjung Iberia, Portugal. David Villa kembali menjadi aktor kunci, dengan support penting 5 pemain inti yang akan menyambutnya musim depan di Barcelona. Lawan yang akan dihadapi adalah wakil Amerika Latin, Paraguay, yang menang adu penalti 5-3 atas wakil Asia terakhir, Jepang, setelah sebelumnya laga berakhir imbang 0-0.

Optimisme tinggi patut meliputi kubu Spanyol. Terlebih permainannya terus membaik semenjak kekalahan dari Swiss. Permainan cantik dengan umpan satu dua dan ball possesion ala Barcelona, berhasil membunuh satu per satu lawannya. Sedangkan Paraguay juga tak kalah euforianya. Inilah keberhasilan pertama mereka melaju ke perempatfinal.

Di atas kertas, tidak banyak kesulitan dihadapi tim Matador, Spanyol. Kecuali jika Paraguay bermain pragmatis, superdefensif ala Jose Mourinho. Bila Paraguay bermain terbuka, niscaya kemenangan akan mutlak dimiliki Spanyol. Toh, Paraguay tercatat selalu hanya bisa menang sekali dalam satu Piala Dunia. “Jatah menang” itu sudah digunakan di fase grup melawan Slovakia (3 laga lain berakhir imbang). Jadi, muncullah retorika menggelitik. Inikah saat yang tepat untuk kalah, Paraguay? Haha.. Bagaimana, Anda setuju?

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

2 thoughts on “Perempatfinal Piala Dunia 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s