Posted in islami

Kultum Subuh 5- Masjid Salman ITB


5 Ramadhan… kembali sholat dan ikut sholat Subuh di Masjid Salman. Berangkat ditemani embun dingin kota Bandung, menyisir jalan Tamansari dan Gelapnyawang. Dan parkiran Salman ternyata masih tutup, terpaksa parkir di dalam kampus. Tahfafa, alhamdulillah bisa segera sampai masjid. Lanjut tilawah di dalam Salman yang begitu hangat sebelum diteruskan sholat dan kuliah subuh

**

Kuliah atau khutbah Subuh kali ini membahas mengenai integritas. Masalah yang saat ini menjadi salah satu problem terbesar bangsa kita. Banyak kasus yang bermula dari kebohongan. Padahal jelas kebohongan membawa pada kejahatan, seperti dikutip dari hadits berikut:

Dari Abdullah bin Mas’ud ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan kebaikan itu akan membimbing ke surga, sesungguhnya jika seseorang akan senantiasa berlaku jujur hingga ia akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan hati-hatilah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong)” (HR Mutafaqun ‘alaih)

Rasulullah SAW sebagai suri teladan kita, telah mencontohkan melalui beliau sendiri mengenai integritas. Rasulullah terkenal dengan sebutan Al-Amin karena beliau orang yang selalu bisa dipercaya, seorang yang punya integritas tinggi. Saat beliau meminta orang-orang untuk berkumpul maka semua berkenan, dan saat beliau mulai menyeru semua yang hadir akan membenarkan ucapan beliau, menjadi salah satu bukti integritas beliau. Beliau juga mempunyai sifat utama Shiddiq (Benar).

Shiddiq menurut para ulama didefinisikan sebagai:

1. Menyempurnakan amal dan perbuatan hanya karena Allah SWT

2. Kesesuaian antara apa yang diucapkan dengan apa yang diperbuat

3. Ucapan dan sikap yang benar sekalipun dalam posisi yang sempit/sulit

Adapun dasar pijakan dari shiddiq adalah keimanan yang kokoh dan selalu yakin akan kehadiran Allah SWT. Karena hanya iman yang kokohlah yang dapat menjadikan seseorang memiliki integritas yang tinggi, kejujuran dan amanah. Karena shiddiq merupakan gabungan antara mengharap keridhaan Allah, selalu merasa akan pengawasan Allah, dan istiqamah terhadap nilai kebenaran.

Demikian materi kuliah Subuh hari ini. Mari sama-sama mengambil hikmah dan semoga kita semua bisa menjadi insan yang jujur penuh integritas sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Penulis:

Simple, Humble, Gentle

3 thoughts on “Kultum Subuh 5- Masjid Salman ITB

  1. wah mas muse masih bertahan di hari yang ke 5..hehe

    semoga kita bisa mengambil manfaat dari kultum2 yang semakin sering kita dengar di bulan ramadhan ini…

    1. haha. lha kuwi wis ana sing hari 8, syad..
      mergane yen subuh sing taktulis mung yen pas ning Salman.. hehe
      siip,, mari ambil manfaat dan terus perbaiki diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s